Suu Kyi berkunjung
Foto: TEMPO.CO

Bertemu Rohingya, Aung San Suu Kyi Pertama Kali Kunjungi Rakhine

Aung San Suu Kyi, Pemimpin Myanmar, untuk pertama kalinya berkunjung ke Rakhine utara yang dilanda konflik. Kunjungan ini dilakukan di bawah tekanan untuk mengakhiri sikap keras tentara yang telah membuat sebanyak ratusan ribu warga Rohingya pergi dari rumah mereka.

Pada Kamis petang, 2 November 2017, setelah dari Maungdaw dan Buthidaung di Rakhine utara, Suu Kyi tiba di ibukota negara bagian Sittwe. Sejak 2012, Rakhine dilanda kekerasan komunal terburuk di negara bagian itu. Konflik ini merusak reputasi global Myanmar.

Channel News Asia pada 3 November 2017 melaporkan bahwa Suu Kyi menyempatkan diri berjumpa dengan warga Rohingya di kota Maungdaw. Tetapi tidak diketahui apakah Suu Kyi berkunjung ke beberapa dari ratusan desa Rohingya yang dibakar oleh tentara atau tidak.

Suu Kyi ingin melihat langsung kondisi Rakhine. Selain itu, ia juga ingin meyakinkan pengamat di dalam negeri dan luar negeri bahwa krisis telah mereda dan rekonstruksi Rakhine dapat dimulai.

Dalam kunjungan itu, Suu Kyi didampingi sejumlah pengusaha yang nantinya bekerja untuk membangun kembali Rakhine yang hancur. Peraih Nobel Perdamaian ini telah dikritik masyarakat internasional karena dianggap gagal menggunakan kekuatan moralnya untuk berbicara dalam membela minoritas Muslim Rohingya.

Dilansir dari Tempo.co, sejak akhir Agustus lalu, sekitar 600 ribu etnis Rohingya yang tak memiliki kewarganegaraan dari Myanmar telah melarikan diri ke Bangladesh. Mereka melaporkan tentang pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran oleh tentara Myanmar. Menurut PBB, tindakan keras kemungkinan tidak berbeda dengan pembersihan etnis. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *