Unik, Informatif , Inspiratif

Bertubuh Pendek, Pria Lebih Berisiko Sakit Jantung?

0

Apakah tinggi badan seseorang mempengaruhi faktor kesehatan seseorang? Pria yang memiliki tinggi badan pendek memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan orang tinggi. Hal tersebut dipaparkan dalam studi yang dilakukan oleh University of Leicester.

Rata-rata tinggi badan orang Amerika sekira 175 cm. Steve Burgess, Ph.D tim dari penelitian tersebut, mengatakan setiap orang yang tinggi badannya 2,5 inci (6,35 cm) lebih pendek dari tinggi rata-rata memiliki risiko penyakit jantung hampir 14%.

BACA JUGA: Isi Kamar Bisa Cirikan Kepribadian Pria?

Para peneliti juga menemukan bahwa dari 180 gen diketahui mempengaruhi tinggi badan seseorang. Orang yang bertubuh pendek cenderung memiliki kadar LDL yang lebih tinggi, dapat dikatakan tingkat kolesterol dan trigliserida dalam darah memburuk. Tim Assimes, Ph.D., tim dari penelitian itu, mengatakan kedua faktor tersebut dapat berkontribusi pembentukan plak koroner.

Kemungkinan lain dari permasalahan ini adalah pria yang lebih pendek memiliki kecenderungan gangguan jantung lebih besar. Sehingga lebih besar kemungkinan penumpukan plak yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

BACA JUGA: Makna Penciptaan Wanita dari Tulang Rusuk Pria

Meskipun hal ini terdengar seperti berita buruk bagi oran-orang yang berubuh pendek, Burgess menunjukkan bahwa risiko ini tidak terjadi kepada semua orang yang bertubuh pendek. Misalnya saja, pria yang berusia 50 tahun dan memiliki tinggi badan rata-rata, hanya memiliki 5% risiko serangan jantung sebelum ia berusia 60 tahun. Demikian dikutip dari laman Menshealth. []


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline