Foto: Republika

Besaran Gaji WNA di Karawang Capai Rp. 6-10 Juta

Foto: Republika

INSPIRADATA. Ahmad Suroto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, mengatakan besaran gaji WNA di Karawang mencapai Rp. 6-10 juta per bulan. Mereka bekerja sebagai tenaga khusus atau tenaga ahli.

“Di perusahaan-perusahaan sekitar Karawang,” katanya, lansir Antara, Rabu (28/12/2016).

Para WNA itu umumnya bekerja sebagai supervisor atau menjabat sebagai tenaga ahli di sebuah perusahaan.

“Selama tiga tahun mereka bekerja sebagai tenaga ahli, harus mempekerjakan tenaga lokal di bidang itu. Sehingga perusahaan itu tidak hanya memiliki tenaga ahli dari WNA, tapi juga memiliki tenaga ahli dari karyawan lokal,” katanya

Suroto mengakui gaji yang diterima karyawan dari WNA itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaji karyawan lokal yang mengacu upah minimum kabupaten (UMK), Rp3,3 juta pada 2016.

Perihal gaji WNA yang lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja lokal, Disnakertrans Karawang tidak bisa berbuat banyak. Sebab itu sudah menjadi kewenangan perusahaan.

“Tapi gaji WNA yang mencapai Rp6-10 juta itu sama sekali tidak sebanding dengan gaji di negaranya yang jauh lebih besar,” kata dia.

Pada tahun ini, jumlah WNA yang bekerja di sejumlah perusahaan sekitar Karawang mencapai 1.474 WNA. Rata-rata ribuan WNA itu datang dan pada akhirnya tinggal di Karawang dengan tujuan bekerja di sejumlah perusahaan. []


Artikel Terkait :

About El Tirta

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *