Unik, Informatif , Inspiratif

Besarnya Keutamaan Shalat Dhuha

0 38

 

 

Banyak sekali hadist yang menjelaskan keutamaan shalat Dhuha. Betapa besar keistimewaan dan keutamaan shalat dhuha. Serta kedudukan bagi orang yang mengerjakannya. Seperti Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa memelihara (mengerjakan) shalat Dhuha ia diampuni segala dosanya walaupun sebanyak jumlah ombak di lautan.”

BACA JUGA: Sering Sholat Dhuha, Rezeki Masih Seret? Mungkin Ini Penyebabnya

Riwayat Ath-Thabarani r.a : Sesungguhnya di surga itu ada pintu yang disebut pintu Dhuha. Maka ketika tiba hari kiamat ada panggilan hatif : “Barangsiapa yang suka membiasakan shalat Dhuha inilah pintu kamu sekalian. Masuklah kamu sekalian dengan rahmat Allah.”

Riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud r.a: “Tiap satu tulang persendian itu ada pahalanya. Satu kalimat Subhanaullah ada pahalanya. Satu kalimat Alhamdulillah ada pahalanya. Satu kalimat laa illaha illallah ada pahalanya. Satu kalimat Allahu Akbar ada pahalanya. Satu Amar Ma’ruf ada pahalanya. Tetapi bila ada yang mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat maka pahalanya sama dengan semua pahala di atas.”

Keistimewaan Shalat Dhuha 

Dimudahkan usaha dan rizki yang halal serta berkah. Selain itu dua rakaat pahala shalat duha sama dengan pahala 340 kali shadaqah (HR. Ahmad dan Abu Dawud r.a)

Waktunya 

Mulai dari matahari naik sepenggalah, sekitar jam 07.30 WIB sampai menjelang tengah hari sekitar jam 11.15 WIB.

BACA JUGA: Hati-hati, Jangan Shalat Dhuha pada Waktu-waktu Ini

Banyaknya 

Banyaknya 2 rakaat paling banyak 12 rakaat. Hal ini berdasarkan pada Hadist Nabi SAW :Dari Abu Dzar r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Jika engkau shalat Dhuha 2 rakaat, maka engkau tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Jika 4 rakaat maka engkau ditulis sebagai orang yang baik. Jika 6 rakaat engkau ditulis sebagai orang yang taat (khusyuk). Jika 8 maka engkau ditulis sebagai orang yang beruntung. Jika 10 maka tidak ditulis atasmu dosa pada hari itu. Jika 12 maka Allah bangunkan untukmu rumah di syurga.” (HR. Al- Baihaqi) []

Sumber:
Himpunan Shalat Sunnat Lengkap/HMA. Sodikin Faqih/Orba Shakti/1992
Jangan Asal Shalat/Ibnu Rif’ah Ash-Shilawy/Citra Risalah/2012

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline