Umar masuk Islam, ketinggalan shalat berjamaah, perlindungan dari sayap malaikat
Foto: pexels.com

Bikin Hati Bergetar! Ketinggalan Shalat Berjamaah, Umar bin Khattab Lakukan Ini

Pada suatu hari Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu pergi ke kebun kurma miliknya. Saat pulang, ia melihat sejumlah orang telah selesai melaksanakan shalat Ashar.

Umar radhiallahu ‘anhu lantas berucap, “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, aku ketinggalan shalat jamaah!”

Karena ketinggalan shalat berjamaah bersama mereka, Umar sangat kecewa. Untuk mengobati rasa bersalahnya, ia pun menyampaikan pengumuman di hadapan mereka.

“Saksikanlah, mulai sekarang aku sedekahkan kebunku untuk orang-orang miskin,” kata sang khalifah kedua ini. Umar radhiallahu ‘anhu merelakannya sebagai kafarat atas keterlambatannya menunaikan shalat jamaah.

Kisah ini diceritakan dalam kitab Anîsul Mu’minîn karya Shafuk Sa’dullah al-Mukhtar dan diriwayatkan ‘Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma.

Sebenarnya, tak ada kewajiban bagi umat Islam untuk menghibahkan kekayaan sebesar itu ‘hanya’ gara-gara telat shalat jamaah. Tapi Umar melakukan hal itu lantaran kecintaannya yang mendalam terhadap aktivitas ibadah.

Sikap Umar radhiallahu ‘anhu tersebut juga mencerminkan kezuhudan dalam dirinya. Lebih dari sekadar ketertarikan atas pahala berlipat dari sembahyang jamaah, keputusannya itu menandakan bahwa hatinya tak begitu terikat dengan kemewahan dunia. []

Sumber: nu.or.id


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *