Unik, Informatif , Inspiratif

Bikin Ketagihan, 4 Makanan Khas Pandeglang Ini Wajib Kamu Coba

0

Berkunjung ke kota yang dihiasai keindahan pantai dan cagar alam ini, rasanya kurang lengkap tanpa mengenal dan mencicipi makanan khas tradisionalnya.

Bukan hanya untuk sekedar dicicipi, makanan tradisional ini juga cocok sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung. Dikutip dari shopback.co.id kamu wajib nih mencicipi 4 makanan khas Pandeglang ini.

Otak-Otak

teluklove.com

Pandeglang mempunyai beragam kuliner yang lumayan banyak. Salah satunya adalah otak-otak. Otak-otak merupakan makanan khas daerah  Labuan, Pantai Carita dan sekitarnya.

Makanan khas ini adalah salah satu bentuk pemanfaatan potensi sumber daya alam oleh warga sekitar pantai, mengingat persediaan  ikan yang melimpah, sehingga dapat memberi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Selain sebagai makanan pendamping nasi, otak-otak juga banyak dikonsumsi tanpa nasi ditambahkan dengan sambel kacang atau saus biasa, cara penyajiannya dicocol.

Teksturnya yang lembut karena terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan diaduk merata dengan tepung tapioka , santan, bawang putih, merica, gula pasir dan garam. Sehingga sangat menggugah selera, karena aroma yang timbul dari daun pisang  sebagai pembungkusnya yang dipanggang diatas arang. Makanan khas Pandeglang ini menjadi primadona di kawasan pantai-pantai yang terkenal sebagai tempat wisata.

Kue jojorong

berkahfm.wordpress.com

Banyak yang bilang kue ini seperti putri malu. Di balik putihnya adonan tepung berasnya, coba sendok sedikit sampai kebagian dalamnya. Anda pasti akan menemukan harta karun berupa lelehan gula aren yang menggoyahkan lidah dan matamu seketika.

Yang unik pembungkusnya dari daun pisang yang dibuat mirip kapal-kapalan. Kue ini mirip dengan kue clorot yang manis. Bedanya makanan khas Pandeglang ini punya tekstur yang lebih lembut.

Kue balok

albadilabuan.blogspot.com

Kue Balok adalah makanan yang berbahan dasar singkong, bentuknya segi empat menyerupai dadu, dan berwarna putih. Yang  unik khas dari kue ini adalah penggabungan dua bumbu yaitu bawang goreng yang dicampur minyak, diolesi tepat diatas dan sisi-sisi potongan balok ini, dan serundeng sebagai topingnya. Rasa masakan khas Pandeglang ini gurih dan manis yang bisa membuat ketagihan.

 

Kue pasung

Sajian Sedap – Grid.ID

Sama seperti kue jojorong, kue Pasung ini berbahan dasar tepung beras, namun adonan kue ini terdiri dari dua adonan, campuran tepung beras dan gula aren merah, lalu tepung sagu dan santan. Sehingga membuatnya jadi kenyal. Biasanya di dalam adonannya ditambahkan  potongan kelapa atau nangka sehingga kue nya lebih bertekstur lembut dan harum. Yang khas dari kue ini  bentuknya  mirip corong. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline