kuliner khas karawang
Foto: Info Unik dan Menarik

Bikin Ketagihan, 5 Jajanan Khas Karawang Ini Wajib Kamu Coba

Karawang merupakan salah satu Kabupaten Kota di Jawa Barat, Kabupaten yang pernah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (PORPROV) di tahun 2006 ini memiliki banyak sekali tempat wisata.

Di Kabupaten ini selain tempat wisata alam yang luar biasa, ada juga makanan khas Karawang yang patut kamu coba ketika kamu berkunjung ke karawang.  Berikut daftar makanan khas Karawang yang dikutip dari Disini aja.net.

1. Serabi Hijau

Gambar terkait
resepnusantara.id

Serabi memang sudah menjadi makanan yang popular di Indonesia. Memang sudah banyak yang menjualnya di tiap daerah. Tapi serabi hijau dengan bahan alami berupa daun suji ini sudah terkenal sebagai makanan khas dari Rengasdengklok Karawang.

Berbeda dengan serabi-serabi yang lain karena mempunyai cita rasa yang sangat khas. Rasanya yang enak, manis dan legit, serta warna hijaunya dari daun pandan dibuat dengan beberapa rasa. Ada serabi keju, cokelat, original dan rasa pandan.

2. Pepes Walahar Pak Dirja

Hasil gambar untuk Pepes Walahar Pak Dirja
The Hungry Doctor

Pepes yang dikenal di Karawang dengan nama pepes walahar ini didirikan oleh H. Dirja dan Hj. S. Kurnia. Nama walahar sendiri diambil karena lokasi pepes pak Dirja ini dekat dengan bendungan Walahar. Sudah banyak pengunjung dan penikmat pepes walahar dari dalam kota maupun dari luar kota lho.

Mau coba kenikmatannya? Kamu bisa datang ke Seberang Bendungan Walahar, Karawang, Indonesia. Harga yang terjangkau dengan menu pepes yang bervariasi. Pepes yang disajikan yaitu pepes usus, pepes jambal, pepes ayam, pepes tahu, pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, dan pepes teri.

3. Soto Gempol

Hasil gambar untuk Soto Gempol
azzamaviero.com

Orang karawang pastinya sudah pada tahu soto ini. Pada zaman dahulu sekitar tahun 1980 di karawang soto yang satu ini sangat terkenal. Soto gempol ini mempunyai 4 varian rasa yang nikmat, yakni rasa daging, ayam, usus dan babat.

Jika kamu merasa ingin merasakan semua varian rasanya, kamu bisa memesan soto campur dengan warna yang kekuningan pada kuahnya. Rasa soto yang nikmat, akan terasa lebih nikmat dengan tambahan teburan emping, daun bawang.

4. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Hasil gambar untuk Ikan Gabus Bumbu Pucung
Resep Masakan

Pucung disini merupakan bumbu keluwak yang akan membuat makanan ini terasa khas dan nikmat. Jika kamu suka makanan ikan, sangat cocok untuk mencoba makanan khas ini.

Satu kilogram Ikan gabus, yang jumlahnya antara tiga sampai empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000. Dengan bahan utama yaitu ikan gabus kemudian dimasak dengan bumbu pucung/keluwak. Makanan ini bisa kamu temukan di Desa Panyingkringan Kecamatan Rawamerta, Karawang.

5. Kue Gonjing

Hasil gambar untuk Kue Gonjing
Bhinneka Shuttle

Kue dengan nama Gonjing ini terbuat dari bahan kelapa dan bahan tepung yang mempunyai rasa yang gurih dan legit dengan taburan gula bubuk putih di atasnya. Jika kamu suka yang pedas-pedas, kue gonjing ini juga bisa dan enak jika ditaburi dengan saos. Jika di Jakarta kue ini disebut dengan kue pancong.

Kalau kamu tertarik dan ingin merasakan kue dengan rasa tradisional ini, kamu bisa menemukan di para pedagang keliling. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *