Unik, Informatif , Inspiratif

Ini Manfaat Membaca Sebelum Tidur

0

Membaca adalah jendela dunia. Pepatah ini bukanlah omong kosong atau main-main. Selain meningkatkan pengetahuan Anda terhadap segala hal, membaca juga memberikan manfaat yang luar biasa secara mental dan emosional.

Apalagi jika dilakukan sebelum tidur. Tapi, jangan lupa juga berdo’a juga lho!

BACA JUGA: Ini Lima Tips Tumbuhkan Minat Membaca dari Duta Baca Indonesia

Banyak penelitian yang membuktikan tentang manfaat membaca sebelum tidur. Disadur dari Break.co.id, inilah manfaatnya:

Tidur menjadi lebih baik

Membaca membantu menempatkan kesadaran Anda pada tingkat yang lebih baik sehingga menginduksi tidur. Ini sama dengan anak-anak yang menyukai cerita pengantar tidur yang baik.

Pilihlah bacaan fiksi untuk merelaksasi pikiran. Itulah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang benar-benar tenang. Sayangnya, banyak sekali yang melewatkan kebiasaan baik ini.

Mengurangi tingkat stres di berbagai aspek kehidupan

Riset di University of Surrey, Inggris, menemukan bahwa tingkat stres orang yang biasa membaca sebelum tidur berkurang sebanyak 68 persen. Jadi , jika Anda merasa stres, lebih baik ambillah buku dan bacalah sebelum tidur. Itu jauh lebih baik daripada menghamburkan uang untuk jalan-jalan atau refreshing di luar rumah.

Meningkatkan kreativitas dan ketajaman

Penelitian menunjukkan bahwa para pengusaha menjadi jauh lebih kreatif dan lebih semangat untuk proyek-proyek mereka karena mereka membaca buku sebelum tidur. Tidak hanya buku tentang pemasaran atau menejemen, buku apapun dibaca. Dengan buku, Anda bisa menilai masalah, karakter orang dan situasi dengan lebih banyak kecerdikan.

Mengoptimalkan kemampuan konsentrasi

Persaingan dan perkembangan sosial media di dunia ini merusak konsentrasi Anda. Bermain gadget sebelum tidur tidak membantu meningkatkan konsentrasi sedikitpun.

Tapi membaca buku sebelum tidur akan memaksa kita untuk memproses informasi tanpa semua alat bantu visual dari komputer atau smartphone. Dengan demikian, otak terbantu untuk berkonsentrasi.

BACA JUGA: Inilah Cara Tidur Berkualitas ala Rasulullah

Menjadi orang yang lebih empati

Ini adalah kemampuan untuk melihat dunia dari  kaca mata orang lain, yang menjadikan Anda lebih simpatik. Membaca fiksi adalah cara yang mengagumkan untuk menemukan dan memahami bagaimana perasaan dan tindakan orang lain. Raymond Mar, seorang psikolog di York University di Kanada pun mendukung premis bahwa membaca dapat membuat kita lebih berempati. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.