Foto: jeskomtspoedig.com

Bolehkah Orang Sakit Puasa?

INSPIRADATA. Sejumlah pakar kesehatan percaya, bahwa sakit tidak jadi penghambat seseorang untuk berpuasa. Menahan lapar dan haus untuk mengatur metabolisme tubuh malah bisa jadi salah satu metode pengobatan.

Pakar kesehatan masyarakat, Dr. Hermawan Saputra mengatakan, ini tergantung sejauh mana fase dan kadar penyakit yang diderita. Ia menyebut, jenis penyakit dalam itu ada banyak, mulai dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, pernafasan, jantung, syaraf, dan lainnya.

“Penyakit itu pasti ada fasenya, kadarnya, jika rematik atau asam urat, apa pun itu, jika tidak ada kendala berarti maka bisa berpuasa,” kata Dr. Hermawan.

Misal sudah menderita kanker stadium tiga, harus menjalani cuci darah rutin atau pengobatan lain yang tidak bisa diundur. “Jika tidak ada indikasi demikian, maka puasa tidak menghambat orang sakit tersebut untuk puasa,” katanya.

Terkait dengan penderita kanker, seseorang bisa menggunakan puasa sesuai dengan saran pakar medis yang menanganinya. Dr. Hermawan percaya bahwa puasa jika diniatkan untuk sehat, maka seseorang akan mendapatkannya. []

Sumber: Republika


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *