Gelombang Tsunami
Foto: Gelombang Tsunami

BMKG Cabut Peringatan Tsunami Akibat Gempa di Filipina

Gelombang Tsunami
Foto: Gelombang Tsunami

INSPIRADATA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan tsunami (smong) akibat gempa berkekuatan 7,1 SR yang terjadi di Barat Laut Sangihe, Sulawesi Utara. BMKG mencabut peringatan dini smong pada pukul 05.07 WIB. Demikian disitat dari Republika, Sabtu (29/4/2017).

Sebelumnya, BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan 7,1 SR terjadi di Barat Laut Sangihe, Sulawesi Utara pada 03.23 WIB. Gempa berlokasi pada koordinat 5,45 LU dan 125,00 BT pada Sabtu 29 April 2017.

Pusat gempa berada di sekitar Pulau Mindanao, Filipina atau 210 km Barat Laut Kepulauan Sangihe, 246 km Barat Laut Kepulauan Talaud atau 442 km Timur Laut Manado, Sulawesi Utara. Badan Geologi USA melaporkan hasil pantauannya, gempa berkekuatan 6,8 SR terjadi di kedalaman 41,7 km.

BACA JUGA: 

Gelombang Tsunami Kecil Diperkirakan Terjadi di Indonesia dan Malaysia

BMKG telah menyampaikan peringatan dini Tsunami lokal yang merusak untuk radius kurang dari 100 km dari episenter. Pemutakhiran peringatan dini tsunami di Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *