Gempa 24 April 2017
Foto: Gempa 24 April 2017

BMKG: Gempa 24 April 2017 Tidak Merusak Bangunan

Gempa 24 April 2017
Foto: Gempa 24 April 2017

INSPIRADATA. Toni Wijaya. Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung. Mengatakan bahwa gempa yang mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin, 24 April 2017 tidak menyebabkan kerusakan.

“Berdasarkan peta guncangan gempa dari data akselerograf, gempa Tasikmalaya dirasakan pada dinihari pukul 01.00 di seluruh Jawa Barat, guncangan dirasakan seperti ada truk lewat dekat kita (skala II MMI). Gempa tersebut tidak berdampak kerusakan,” kata Toni Wijaya. Seperti disitat dari Tempo, Senin (24/4/2017).

Menurut Tony, karena gempa berkekuatan sedang (m=5) pusat gempa di kedalaman 63 kilometer, sehingga getarannya menyebar luas di wilayah Jawa Barat, seperti Sumedang, Bajar, Pangandaran, dan Kabupaten Bandung.

Bagian Pusat Gempa dan Tsunami BMKG menjelaskan, sebagian selatan wilayah Jawa diguncang gempa tektonik kekuatan 5,0 SR. Pusat gempa terletak pada koordinat 8.10 derajat LS dan 117.86 derajat BT tepatnya di Samudra Hindia pada jarak sekitar 58 km arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman hiposenter 63 km.

Bedasarkan hasil analisa peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada II skala intensitas gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau II-III skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Tasikmalaya, Sumedang, kemudian dirasakan SIG-BMKG (II MMI) di wilayah Banjar, Pangandaran, Kabupaten Bandung dan Garut.

BACA JUGA: 

Guncangan Gempa Di Tasikmalaya Terasa Sampai Bogor

BMKG: Gempa Tasikmalaya Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia

Gempa ini tercatat dengan baik oleh peralatan BMKG dan di berbagai daerah tersebut beberapa orang dilaporkan merasakan adanya guncangan gempa bumi. Penyebab gempa bumi adalah aktivitas subduksi lempeng Indonesia Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan laju 61 milimeter per tahun dan menyebabkan deformasi atau perpatahan batuan di zona Benioff pada kedalaman 63 kilometer. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *