Pusat Gempa di Tasikmalaya
Foto: Pusat Gempa di Tasikmalaya

BMKG: Gempa Tasikmalaya Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia

Pusat Gempa di Tasikmalaya
Foto: Pusat Gempa di Tasikmalaya

INSPIRADATA. Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono, menganalisis gempa yang melanda Tasikmalaya, Jawa Barat. Seperti disitat dari Kumparan, Senin (24/4/2017).

“Gempa ini merupakan dampak dari aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” Kata Daryono.

Gempa 5,0 magnitudo yang tejadi pada pukul 01.01 dini hari berpusat di 96 km barat daya Tasikmalaya. Titik gempa berada di laut dengan kedalaman 63 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang dengan laju 70 mm pertahun dan terjadi deformasi atau patahan di Zona Benioff pada kedalaman 63 km,” kata Daryono.

Daryono mengatakan meski memiliki mekanisme sumber pergerakan naik dan berpusat di laut, gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pagi ini BMKG belum menemukan adanya gempa bumi susulan.

BACA JUGA: 

Gempa Berkekuatan 5,4 SR Guncang Tasikmalaya

“Kepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang,” ujar Daryono.

Gempa pada dini hari ini juga dirasakan sejumah daerah seperti Sukanegara, Pangandaran, Banjar, Sumedang, Garut, Bandung dan Bogor. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *