Hujan Es di Jakarta Selatan
Foto: Hujan Es di Jakarta Selatan (tribun jateng)

BMKG: Saat Peralihan Musim, Hujan Es Hal Biasa

Hujan Es di Jakarta Selatan
Foto: Hujan Es di Jakarta Selatan (tribun jateng)

INSPIRADATA. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Jelaskan fenomena hujan es di wilayah Jakarta yang terjadi pada Selasa (28/3).

“Kami mendapat laporan hujan es di Jakarta Timur. Sekarang potensi hujan es berada di Bintaro, Pesanggrahan, dan di sekitar wilayah Serpong,” ujar prakirawan BMKG Tomi, seperti disitat dari Detik, Selasa (28/3/2017).

Menurutnya, hujan es biasa terjadi pada saat peralihan musim. Karena pada saat peralihan musim, proses pembentukan awan, partikel kita menyebut istilah parsel udara ketika dia naik akibat proses konveksi naik ke atas.

Ketika sampai, kondisinya sangat jenuh berubah menjadi butir-butir awan, itu akan tumbuh. Kalau proses konvektif di dasar kuat di bawah, awan makin tebal komponen es semakin besar.

BACA JUGA: 

Hujan Es Guyur Sebagian Wilayah Jakarta

Hujan es ini dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Butiran es berjatuhan saat hujan deras disertai petir mengguyur wilayah Jakarta sore kemarin.

Hal ini membuat sejumlah warga di daerah Jakarta selatan hebih dan befrusaha untuk mengabadikan moment tersebut.

Selain itu saat hujan es turun di wilayah Cilandak, terdapat sebuah pohon besar yang tumbang akibat hujan es yang disertai petir ini. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *