Unik, Informatif , Inspiratif

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia

0

Sebuah rilis yang diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa akan terjadi waspada gelombang tinggi selama tiga hari ke depan untuk wilayah Indonesia pada periode 6-9 Februari 2019.

BACA JUGA: Prof Quraish Shihab Satu-satunya Tokoh dari Asia Tenggara yang Temui Paus Franciskus

“Kondisi ini diakibatkan pola sirkulasi massa udara di Samudra Hindia barat Aceh,” ujar Kepala Humas BMKG, Ahmad Taufan Maulana, seperti disitat dari VIVA, Kamis (07/02/19).

Dijelaskan pula bahwa, pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah Utara – Timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 – 20 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah Barat – Utara dengan kecepatan angin berkisar antara 4 – 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, Perairan selatan Kepulauan Aru, Perairan Yos Sudarso, Perairan Merauke, dan Laut Arafuru.

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut,” jelas Ahmad.

BACA JUGA: Mantan Politisi Belanda Yang Anti Islam Kini Jadi Mualaf

“Tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTT, Perairan Barat Yos Sudarso, dan Laut Arafuru Bagian Tengah hingga Timur,” lanjutnya.

Terkait hal ini, Ahmad meminta agar para nelayan dan pengelola pelayaran Kapal Ferry lebih memperhatikan keselamatan pelayaran.

“Diminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu berhati-hati dan waspada,”tandasnya. []

 

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline