Unik, Informatif , Inspiratif

BNPB: Ada Sekitar 40,9 Juta Jiwa Terancam Longsor

0

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, setidaknya ada 274 kabupaten dan kota di Indonesia berada di daerah bahaya longsor. Serta 40,9 juta jiwa terancam bencana itu.

Menurut BNPB, daerah-daerah yang rawan longsor antara lain terdapat di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera, Jawa bagian tengah dan selatan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

BACA JUGA: Kejadian Longsor di Sukabumi, BNPB: 107 Jiwa Jadi Korban

Edukasi

Sutopo mengatakan bencana longsor dapat berdampak luas pada jutaan warga. Maka, lanjutnya, warga perlu diedukasi untuk sigap menghadapi bencana.

“Tidak mungkin 40,9 juta (masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor) kita pindahkan, kita relokasi. Mereka sudah terlanjur di sini. Ya ke depan, jangan sampai nambah jumlah penduduk tinggal di daerah rawan bencana, kita kurangi.”

“Dan 40,9 juta (masyarakat), tugas pemerintah dan pemerintah daerah melindungi mereka agar ketika terjadi bencana tidak timbul korban,” kata Sutopo.

Salah satu daerah rawan bencana adalah Kabupaten Sukabumi, tempat bencana serupa sudah terjadi sebanyak 132 kali selama 10 tahun belakangan.

Terkait kasus longsor di Cisolok, misalnya, warga mengatakan mereka tidak mendapat sosialiasi dan pendidikan terkait bencana longsor. Sutopo mengatakan warga mengaku sering melihat longsor-longsor kecil di daerah sana, tapi mereka tidak tahu apa langkah antisipasinya.

Sutopo menyarankan pemerintah mulai mengedukasi warga terkait bencana dimulai dari tingkat sekolah.

BACA JUGA: Longsor di Sukabumi, BNPB: 15 Orang Meninggal, 20 Orang Hilang

Idealnya, kata Sutopo, pendidikan mengenai kebencanaan dijadikan mata pelajaran wajib dan diintegrasikan dengan mata pelajaran geografi.

“Selama ini (geografi) hanya pilihan hanya diberikan ke anak-anak SMA jurusan IPS, padahal di mata pelajaran geografi itu akan sangat mudah sekali mewadahi pendidikan kebencanaan,” ujarnya. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.