Unik, Informatif , Inspiratif

BNPB: Budaya Sadar Bencana Indonesia Masih Rendah

0

Budaya sadar bencana adalah hal penting, mengingat ancaman bencana bisa datang kapan saja, bahkan pada saat yang tak terduga. Namun menurut data, budaya sadar bencana masyarakat Indonesia masih rendah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

BACA JUGA: Menteri ESDM: Status Gunung Anak Krakatau Jadi Siaga

Disampaikan oleh Sutopo, Berdasarkan penelitian BNPB, pengetahuan kebencanaan masyarakat Indonesia meningkat setelah peristiwa tsunami Aceh 2004, tetapi, sikap sadar bencana belum menjadi perilaku sehari-hari masyarakat. Sutopo pun mengatakan bahwa hal ini menjadi tantangan tersendiri.

“Menjadi sikap, menjadi budaya sehari-hari itu sulit dan tidak bisa langsung dilakukan seketika perlu upaya yang terus menerus dan lintas generasi,” ujar Sutopo Selasa (25/12/18).

Sutopo menjelaskan selain mendorong budaya sadar bencana, BNPB juga telah berdiskusi bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai rencana pemuatan materi kebencanaan dalam kurikulum pendidikan.

“Tentu mungkin bukan akan menjadi satuan mata pelajaran khusus, mungkin tidak. Tapi masuk ke dalam pelajaran-pelajaran yang sudah ada,” jelas Sutopo.

Sutopo menilai, secara umum, pemerintah dan masyarakat daerah belum siap menghadapi bencana. Sosialisasi mengenai pengetahuan bencana masih perlu ditingkatkan melalui berbagai cara.

Hal ini, menurut Sutopo, akan semakin terdukung dengan baik jika saja anggaran mitigasi bencana mencukupi.

BACA JUGA: Pasca Bencana Tsunami Musala An-Nur Masih Berdiri Kokoh

“Secara umum, masyarakat, pemerintah daerah belum siap menghadapi bencana-bencana besar, masih perlu waktu,” ungkapnya

“Jadi itu tantangan kita bersama, urusan bencana urusan bersama pemerintah, dunia usaha, masyarakat,” tandasnya. []

 

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline