Unik, Informatif , Inspiratif

BNPB: Pada 2019, 2.500 Bencana Diprediksi Landa Indonesia

0

Pada tahun 2019 mendatang, lebih dari 2.500 bencana alam diprediksi akan terjadi di Indonesia. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), prediksi ini didasari oleh perhitungan risiko dan pengalaman tahun sebelumnya.

Total kejadian bencana alam yang terjadi pada tahun ini sendiri adalah sebanyak 2.428 kejadian.

Disampaikan oleh Kepala BNPB, Willem Rampangilei, pada 2019 mendatang bencana hidrometerologi seperti banjir, longsor, dan puting beliung akan tetap mendomisasi.

BACA JUGA: KPK Tangkap Lima Orang Pejabat Kemenpora

“Kami prediksi lebih dari 95 persen adalah bencana hidrometerologi. Penyebabnya ada beberapa faktor,” ujarnya, Rabu (19/12/12), seperti disitat dari Republika

Menurut Willem salah satu penyebab bencana hidrometerologi adalah meluasnya kerusakan daerah aliran sungai (DAS). Selain itu, penyebab lainnya ialah lahan kritis, laju kerusakan hutan makin tinggi, kerusakan lingkungan, perubahan penggunaan lahan dan tingginya kerentanan.

“Rata-rata laju perubahan lahan pertanian jadi lahan non pertanian adalah 110 ribu hektar per tahun. Sedangkan luas lahan kritis itu 14 juta hektar,” paparnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB, Sumatera Utara menempati posisi pertama dalam daftar lahan krisis provinsi, yaitu sebesar 1,3 juta hektar. Posisi selanjutnya diduduki oleh Kalimantan Barat (1 juta hektar), Jawa Barat (911 ribu) dan Kalimantan Tengah (861 ribu).

BACA JUGA: Polisi Gandeng ITS dalami Masalah Amblesnya Jalan Raya Gubeng

BNPB juga mendata sebanyak 489 kabupaten/kota yang menjadi wilayah bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Terdapat 63,7 juta jiwa yang hidup di titik rawan banjir yang tersebar dari Sabang sampai Merauke itu.

Selain itu, terdapat pula beberapa titik rawan longsor di sebanyak 441 kabupaten/kota.

Willem juga menjelaskan bahwa pada 2019 mendatang, La Nina dan El Nino diperkirakan tidak menguat, sehingga musim penghujan dan kemarau akan kembali bersifat normal. []

 

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline