Foto: TinyDreamz

Bolehkah Buka Puasa dengan Kopi?

Kopi memang dinilai memiliki berbagai manfaat baik karena kaya akan antioksidan, dapat mencegah risiko diabetes dan lainnya. Meski begitu, bukan berarti Anda diizinkan langsung minum untuk membatalkan puasa.

Seperti dilansir Uzone, pasalnya, kopi menyumbang kafein dalam jumlah besar. Saat kafein yang terkandung pada kopi masuk ke dalam perut yang kosong, maka akan meningkatkan produksi asam lambung.

Terlebih lagi jika perut belum terisi dengan makanan apa pun, ini akan mengakibatkan produksi asam semakin meningkat hingga kemudian dapat merusak lapisan lambung.

Baca Juga: Tradisi Kopi dalam Islam

Jika “ritual” minum kopi sebagai pendamping buka puasa ini Anda terapkan dalam waktu yang cukup lama selama bulan Ramadan, tentu akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan Anda, khususnya sistem pencernaan.

Bahkan bisa mengganggu kelancaran berpuasa Anda bila sampai membuat Anda jatuh sakit.

Pada dasarnya, sah-sah saja bila Anda ingin minum kopi saat berbuka puasa. Namun lagi-lagi, penting Anda ingat untuk hindari minum kopi dalam keadaan perut kosong.

Maka itu, Anda diperbolehkan minum kopi saat berbuka hanya saja setelah perut terisi dengan makanan dan minuman lainnya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *