hal yang disembunyikan wanita
Foto: Islampos

Bolehkah Masuk Masjid Saat Haid?

Haid adalah keistimewaan yang diberikan kepada wanita setiap bulannya. Tak seperti laki-laki yang tak ada ‘absen’ dalam melakukan ibadah tertentu, maka wanita mempunyai keistimewaan saat haid. Salah satunya tentang memasuki tempat ibadah saat haid, lalu bolehkan wanita masuk masjid secara bebas saat haid?

Ulama dari Empat mazhab berpendapat, wanita yang sedang haid tidak boleh berdiam diri di dalam masjid.

Hal itu berdasarkan firman Allah SWT yang melarang orang junub untuk menghampiri masjid sebelum mandi, kecuali untuk sekadar lewat saja.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. (QS an-Nisa: 43).

Para ulama menganalogikan (qiyas) wanita yang sedang haid dengan orang yang sedang junub karena sama-sama berhadas besar. Hadis Nabi SAW dengan tegas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melarang wanita yang sedang haid dan orang yang junub untuk memasuki masjid.

Dari Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW datang ke Masjid Nabawi. Di kala itu muka pintu rumah para sahabat Nabi bersambungan dengan Masjid Nabawi. Baginda lantas bersabda, ‘Palingkan rumah-rumah kamu ke arah lain daripada masjid.’

Sebagian ulama lain menegaskan tidak ada dalil yang tegas dan sahih yang melarang wanita yang sedang haid untuk berdiam diri dalam masjid.

Dari Aisyah RA, ia berkata, “Saya datang ke Makkah dalam keadaan haid, sedangkan saya belum thawaf dan sai antara Shafa dan Marwa, maka saya mengadukan hal itu kepada Rasulullah SAW, maka beliau menjawab, ‘Lakukanlah apa pun yang dilakukan oleh orang yang sedang berhaji, tetapi jangan melakukan thawaf sampai kamu suci.” (HR. Bukhari).

Dalam hadis ini Nabi SAW membolehkan Aisyah melakukan apa pun termasuk berdiam diri dalam masjid asalkan tidak melakukan thawaf karena syaratnya harus dalam keadaan suci. []

Sumber: rumaysho.com


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *