Bolehkah Membaca Al-Quran tanpa Menutup Aurat?
foto: daily bhaskar

Bolehkah Membaca Al-Quran tanpa Menutup Aurat?

Tilawah quran merupakan salah satu ladang pahala bagi umat Islam. Selain daripada membaca al-Quran, memahami dan mengamalkannya pun sangat dianjurkan. Dalam setiap ibadah pasti selalu ada adabnya.

Lalu, bagaimana hukumnya membaca al-Quran tanpa menutup aurat dengan sempurna, khususnya untuk perempuan?

BACA JUGA: Membaca Quran dengan Tulisan Latin, Apakah Boleh?

Menutup aurat termasuk ke dalam adab membaca al-Quran, namun lama-kelamaan adab tersebut dianggap kewajiban. Untuk menjawab peranyaan ini, berikut jawaban Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin.

Beliau menjelaskan jika menutup kepala tidak termasuk dalam syarat membaca al-Quran. Sebab, tidak disyaratkan pula menutup aurat ketika membaca al-Quran.

BACA JUGA: Akhir Matahari dalam Al-Quran, Ini Kata Para Ilmuwan

Dalam fatwa Nurun ala ad-Darb, “Untuk membaca Al-quran, tidak ada persyaratan bagi wanita untuk menutup kepalanya. Karena tidak disyaratkan untuk menutup aurat ketika membaca Al-quran. Berbeda dengan shalat. Shalat seseorang bisa tidak sah kecuali dengan menutup aurat.”

Sementara itu, di Syabakah Al-Fatwa Asy-Syar’iyah, Syaikh Prof. Dr. Ahmad Hajji Al-Kurdi memberi jawaban, “Jika tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa tindakan itu termasuk melecehkan atau tidak menghormati Alquran, maka perbuatan semacam ini tidak haram. Hanya saja tidak sesuai dengan adab yang diajarkan ketika membaca Alquran.” Allahu a’lam []

SUMBER: UMMI


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *