Bolehkah Qadha Puasa Sehari Sebelum Puasa Ramadan
Bolehkah Qadha Puasa Sehari Sebelum Puasa Ramadan

Bolehkah Qadha Puasa Sehari Sebelum Puasa Ramadan?

INSPIRADATA. Beberapa hari Lagi Bulan Ramadan 1438 H akan segera tiba. Pastinya untuk wanita sebelum datangnya bulan suvci ini harus segera melunasi utang puasa Ramadan tahun lalu.

Lalu bagaimana jika masih ada utang puasa, sementara Ramadan beberapa hari lagi tiba? Atau, bahkan Ramadhan besok tiba, sementara masih punya utang puasa satu hari, misalnya? Bolehkah melaksanakan qadha (pengganti puasa) satu hari menjelang bulan Ramadhan?

Dilansir oleh Republika, Jumat (19/5/2017). Ustadz Asep Abdul Wadud saat mengisi pengajian guru Sekolah Bosowa Bina Insani di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani Bogor, Jawa Barat, menyatakan wajib atau boleh.

Artinya, utang puasa harus dilunasi sebelum Ramadhan berikutnya tiba. Jadi, kalaupun besok Ramadhan tiba dan anda masih punya utang puasa satu hari, laksanakan qadha puasa pada hari itu juga.

Namun, ada juga ynag menyatakan tidak boleh melakukan ibadah puasa pada hari tertentu. Sehingga, kalaupun punya utang puasa, tidak boleh meng-qadha-nya pada hari itu. Terhadap pendapat tersebut, Ustadz Asep Abdul Wadud membantahnya.

“Hanya lima hari dalam setahun yang diharamkan berpuasa. Yakni, tanggal 1 Syawal (Iedul Fitri), 10 Dzulhijjah (Iedul Adha) dan 11-13 Dzulhijjah (Hari Tasyriq),” ujar Asep.

Di luar lima hari tersebut, kata Asep, umat Islam boleh berpuasa. “Apalagi menjelang Ramadhan dan kita masih punya utang puasa, berapa hari pun yang tersisa menjelang Ramadhan, utang tersebut harus segera dibayar,” tegas Asep Abdul Wadud. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *