Unik, Informatif , Inspiratif

Bos Lion Air: Gaji Pilot Asing Minimal Rp135 Juta/Bulan

0 31

 

Setelah BPJS Ketenagakerjaan membuka data gaji pilot Lion Air JT-610 PK LQP, yang besarannya Rp3,7 juta per bulan, Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait mengatakan, gaji pilot Lion Air menurutnya cukup tinggi baik itu yang asing maupun lokal. Khusus untuk tenaga pilot asing, perusahaan memberikan upah sebesar USD9.000 hingga USD11.000 atau sekitar Rp135 juta per bulannya.

Sementara untuk pilot lokal dirinya menyebut digaji secara beragam. Berdasarkan perkiraan, gaji pilot lokal Lion Air adalah sekitar Rp80 hingga Rp100 juta per bulannya.

“Kan mereka bukan orang Indonesia kita daftarkan dengan gaji Rp3,7 juta. Tapi penghasilan mereka sebagai orang asing USD9.000 sampai USD11.000 per bulan gitu maksudnya,” jelas Edward.

Angka itu bisa bertambah setiap tahunnya, tergantung bagaimana pengalaman dan juga lamanya bekerja dari sang pilot. Penambahan tersebut bukan hanya karena gaji saja. Menurutnya, ada beberapa variabel yang membuat gaji pilot bisa lebih tinggi dari itu.
“Gaji pilot asing minimal USD9.000 per bulan. Tapi kan ada variabel (tambahan),” ucapnya.

“Ada yang digaji dengan Dolar ada yang digaji pakai Rupiah. Kalau yang Rupiah itu biasanya Pilot tanya saya mau terbang ke Indonesia, lalu kami tanya mau enggak di gaji dengan Rupiah kalau dia oke ya kita gaji dengan Rupiah,” jelasnya.
“Ada juga yang memang sengaja minta digaji pakai Rupiah. Karena kan banyak juga yang nikah dengan orang Indonesia,” tambah Edward. []

REDAKTUR: Kesit Susilowati | SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline