breast
Foto : Albie Aware

Bra Kawat Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Benarkah?

Banyak sekali masyarakat yang menyebutkan bahwa bra berkawat dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun apa benar bra berkawat bisa menyebabkan kanker payudara? Ternyata, belum ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika bra berkawat dapat menyebabkan kanker payudara.

Ada sebuah penelitian yang paling akurat di tahun 2014 dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention berhasil mencatat bahwa tidak ada kaitan antara bra kawat dan kanker payudara.

Dalam penelitian tersebut, diungkapkan bahwa risiko tidaknya kita terkena kanker payudara sama sekali tidak dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan dengan penggunaan bra, seperti pemilihan jenis bra (berkawat atau tidak, sama-sama aman), kapan pertama kali mulai pakai bra, ukuran cup, hingga berapa lama kita pakai bra setiap hari.

Bra kawat pertama kali dipercaya bisa menyebabkan kanker pada tahun 1995. Saat itu sepasang suami istri asal Amerika Serikat (AS), Sidney Ross Singer dan Soma Grismaijer melakukan survei terhadap lima ribu orang wanita. Dari survei tersebut, pasangan ini menyimpulkan bahwa wanita yang menggunakan bra kawat lebih rentan terhadap risiko kanker payudara.

Menurut pasangan ini, bra kawat akan menghambat sirkulasi cairan limfa (getah bening). Akibatnya, cairan limfa dan berbagai zat beracun lainnya terjebak di area payudara dan ketiak. Inilah yang diyakini bisa menyebabkan kanker.

Pada kenyataannya, cairan limfa tidak akan terhalang oleh kawat bra yang anda pakai. Maka, besar kemungkinan risiko kanker payudara meningkat bukan karena penggunaan bra kawat, melainkan karena obesitas. Kanker payudara bisa muncul kalau terjadi mutasi gen pada sel-sel di sekitar payudara dan ketiak. []

Sumber : Hello Sehat


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *