Brrr…Inilah Masjid Terdingin di Dunia

0 401

the-midnight-sun-masjid-inuvik-arctic-town-in-canada masjid-  - Brrr…Inilah Masjid Terdingin di Dunia -INSPIRADATA. Seiring perkembangan Islam di berbagai belahan dunia, pembangunan masjid pun berkembang. Mulai dari Masjidil Haram di Makkah hingga surau-surau di pedalaman Indonesia. Masjid-masjid megah pun didirikan menjadi simbol identitas Islam di berbagai negara. Dari Afrika hingga Amerika, dari Artik hingga Antartika. Bangunan masjid selalu menyimpan keunikan masing-masing.

Salah satu bangunan masjid yang unik berada di kota Inuvik, Kanada. Kota ini masuk dalam lingkar Artik dan begitu dekat dengan Kutub Utara. Sehingga, terbayang betapa dinginnya cuaca di sana. Begitu juga dengan bangunan masjidnya. Dilansir dari laman Panggilandarisurau, masjid di bagian Bumi paling utara itu bernama The Midnight Sun Mosque.

Saat musim panas di kota Inuvik, matahari bisa terlihat selama 24 jam. Peristiwa itu disebut Midnight Sun. Sebaliknya, saat musim dingin tiba, matahari tidak akan pernah tampak di sana. Selain itu, hampir sepanjang tahun kotanya selalu tertutup oleh salju.

Dari ribuan penduduk, jumlah masyarakat di sana hanya sekitar 100 orang saja. Mereka pun kebanyakan adalah para imigran yang berasal dari Mesir, Siberia dan Sudan. Mereka datang ke Inuvik untuk bekerja.

Kondisi alam yang begitu ekstrem ternyata tak mematahkan semangat muslim Inuvik untuk beribadah. Dulunya daerah ini tak memiliki masjid, jadi warga muslim disana menggunakan kontainer bekas yang disulap menjadi mushola. Ada juga rumah yang disulap sebagai mushola.

Enam tahun silam, tepatnya di tahun 2010 menjadi tahun yang spesial dan bersejarah bagi umat Muslim di Inuvik. Sebab untuk pertama kalinya, mereka mempunyai masjid.

Masjid tersebut diberi nama The Midnight Sun Mosque. Dinding dan atapnya terbuat dari seng tebal dan bagian atasnya berupa limas berwarna hijau. Di depanya, terdapat hiasan menara yang menjulang tinggi dan bercahaya saat malam hari.[]

(Visited 75 times, 1 visits today)
loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...