cara rasulullah minum
Foto: Odyssey

Ini 5 Keistimewaan Air Zamzam

Air zamzam merupakan salah satu oleh-oleh yang paling populer dari Mekkah. Air zamzam pertama muncul dalam kisah Siti Hajar yang berusaha mencari makanan atau minuman untuk sang anak, Nabi Ismail AS . Ia pun berlari tujuh kali bolak-balik dari bukit Saafa ke bukit Marwah.

Ketika berlari, Siti Hajar tak menemukan apapun. Ia hanya mendengar tangis Ismail AS yang juga mengentak-entakkan kakinya ke tanah yang kemudian mengeluarkan air yang berlimpah. Siti Hajar pun berkata “zamzam (berkumpullah)”, yang membuat air tersebut hingga kini dinamakan air zamzam.

Sejumlah keistimewaan air zamzam membuat masyarakat selalu menjadikannya oleh-oleh ketika pulang ke Indonesia dari Mekkah.

Berikut ini 5 keistimewaan air zamzam dengan dalil yang menyertainya yang dikutip dari Kumparan:

1. Tak hanya melepas dahaga namun turut mengenyangkan

“Sesungguhnya air zamzam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan,” (HR. Muslim).

2. Obat berbagai penyakit

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit,” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban).

3. Khasiat dan keberkahan yang diinginkan tergantung niat

“Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Nabi Ismail AS,” (HR. Daruquthni dan Al-Hakim).

4. Memilki bentuk molekul air paling cantik

Dalam buku “The True Power of Water” yang ditulis Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama disebutkan bahwa susunan molekul air zamzam membentuk kristal yang indah.

Berbeda dengan molekul air yang ditelitinya, air zamzam mempunyai bentuk yang teratur. Air zamzam membentuk rangkaian heksagonal dengan molekulnya sangat indah, cemerlang berkilau dan penuh warna terutama ketika dibacakan ayat-ayat Al-Quran ataupan kata-kata yang baik.

5. Sumur yang tak pernah kering

Sumur air zamzam di terus mengalir meski puluhan juta liter disedot terutama saat musim haji tiap tahunnya. Padahal Kota Mekkah yang terletak di lembah, menurut SGS (Saudi Geological Survey) hanya memilki wilayah tangkapan air seluas 60 Km2 saja.

Jumlah jemaah yang datang ke Mekkah pun terus meningkat dari hanya 400000 per tahun pada tahun 1970-an hingga sekitar 2.5 juta per tahun dalam 10 tahun terakhir. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *