Unik, Informatif , Inspiratif

Bukan Hanya Indah dan Unik, Ini 4 Manfaat Nutrisi Cabai Pelangi

0 47

Bukan hanya unik, cabai pelangi ini pun mengandung nutrisi yang bermanfaat. Ya, tanaman ini kerap pula dipakai sebagai hiasan dan “pemanis” di dalam ruangan.

Namun, bagaimana dengan nutrisi atau manfaat di belakang keindahan dan keuningakn cabai pelangi itu?

BACA JUGA: Melihat Indahnya Kepedasan Cabai Pelangi

Seperti dilansir manfaat berikut ulasan selengkapnya untuk Anda:

1. Mengurangi Rasa Sakit

Capsaicin yang merupakan senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai pelangi ini memiliki sifat yang unik yakni bisa mengurangi rasa sakit. Ini bisa menginduksi sensasi terbakar meski tidak menyebabkan luka bakar yang nyata. Mengkonsumsi cabai ini akan membuat reseptor rasa sakit tidak lagi sensitif pada bentuk rasa sakit yang lain.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Cabai pelangi merupakan sumber antioksidan khususnya pada capsaicin dan juga zat kimia pemberi rasa panas sehingga bisa digunakan sebagai solusi kanker.

Kandungan dalam cabai pelangi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar dan juga prostat. Likopen juga merupakan antioksidan yang sangat membantu untuk mencegah terjadinya kanker kandung kemih dan leher rahim.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cabai pelangi mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Vitamin C dalam cabai pelangi bisa mencegah penyakit kudis sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cabai pelangi juga mengandung vitamin B kompleks seperti niacin dan riboflavin. Niacin dikenal bisa meningkatkan kolesterol baik untuk mengurangi masalah kardiovaskular dan beberapa penyakit lain seperti kesulitan tidur, demensia, dermatitis, solusi diare dan berbagai penyakit lainnya.

BACA JUGA: Meski Sama Pedas, Ini Bedanya Pedas Cabai dan Wasabi

4. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Cabai pelangi mengandung capsaicin yang bisa membuat darah mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Nantinya, kandungan dalam cabai ini bisa membantu merangsang lambung untuk menghasilkan cairan yang dibutuhkan dalam menenangkan masalah perut sekaligus membunuh H. Pylori, yakni masalah gastrointestinal yang menyebabkan bakteri. []

SUMBER: MANFAAT

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline