Unik, Informatif , Inspiratif

Bukan Odol, Ini Lima Bahan Alami untuk Sembuhkan Luka Bakar

0

TERKENA cipratan minyak panas, tersudut rokok, terkena setrika, tersenggol knalpot motor, atau terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat kulit kita menjadi terbakar.

Meski kecil, namun luka ini cukup menyakitkan, dan juga panas. Luka bakar minor atau kecil ini termasuk dengan luka bakar tingkat satu. Jika masih kecil, pengobatan alami di rumah bisa dilakukan.

Namun saat ini di masyarakat terdapat informasi yang salah terkait penanganan luka bakar tingkat satu tersebut. Seperti digunakannya odol untuk mengobati luka bakar.

BACA JUGA: Geger, Tanah Sebabkan Luka Bakar Telapak Kaki

Odol atau pasta gigi disebut-sebut dapat meringankan nyeri akibat luka bakar. Padahal, ini anggapan yang salah karena kandungan pada odol justru dapat menjadikan luka bakar semakin parah.

Pasalnya, pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia yang digunakan sebagai pemutih dan pengharum napas. Kandungan inilah yang bisa membuat jaringan di sekitar luka bakar semakin rusak. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi hingga mengubah warna kulit jika digunakan secara langsung pada luka.

Selain itu, odol juga mengandung kalsium dan peppermint yang dapat meningkatkan risiko infeksi dan merusak jaringan kulit. Meskipun dapat memberikan efek dingin, odol justru bisa menutup area yang terluka dan memerangkap panas di dalamnya. Akibatnya, luka bakar akan lebih lama sembuhnya.

Padahal, banyak sekali obat alami yang jarang diketahui namun bisa digunakan untuk mengobati luka bakar seperti ini.

Berikut beberapa pengobatan alami untuk mengatasi luka bakar kecil di rumah.

1. Madu

Bahan alami untuk sembuhkan luka bakar yang pertama adalah madu. Dengan kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur yang ada di dalamnya, madu diduga bisa menjadi obat luka bakar alami. Ada studi yang menunjukkan jika madu memang berguna untuk mengatasi luka bakar ringan, dan membantu penyembuhan luka bakar lebih cepat. Namun hal tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

2. Susu

Siapkan semangkuk susu skim – bahan alami untuk sembuhkan luka bakar – dingin dalam mangkuk lalu siramkan ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.

Susu akan membantu meredakan kulit yang meradang karena luka bakar. Selain itu susu juga dianggap baik untuk perawatan setelah luka.

3. Lidah buaya

Mengutip Boldsky, para ahli mengungkapkan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik untuk mengobati luka bakar tingkat satu.

Hal ini karena lidah buaya mengandung bahan yang menenangkan peradangan di kulit. Lidah buaya juga akan mengurangi kemungkinan luka bakar untuk membengkak.

BACA JUGA: Luka Terasa Sangat Sakit pada Malam Hari?

4. Kentang

Belah kentang menjadi dua bagian. Lalu gosokkan kentang ke area luka bakar selama beberapa saat. Irisan kentang mentah ini akan membantu menghilangkan iritasi di sekitar luka.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga diklaim baik untuk mengobati luka bakar. Kandungan vitamin E dan juga asam lemak seperti lauric acid, dan lainnya berfungsi untuk antijamur dan antibakteri. []

SUMBER: HELLOSEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline