fakta suhu matahari, Bukan Semakin Panas, Suhu Matahari Justru Semakin Dingin Jika Lebih Dekat
Unik, Informatif , Inspiratif

Bukan Semakin Panas, Suhu Matahari Justru Semakin Dingin Jika Lebih Dekat

0

Matahari adalah pusat tata surya Galaxy Bimasakti. Sinarnya menjadi salah satu faktor paling penting bagi kehidupan di bumi. Dengan jarak yang sangat jauh, panas Matahari masih bisa dirasakan, bahkan terasa sangat panas ketika di siang hari.

Namun dikutip dari HowStuffworks, fakta lain menyebutkan bahwa ketika mendekati Matahari, ternyata panas yang didapatkan berkurang. Ini berarti, semakin dekat dengan Matahari makan semakin dingin.

Memang fotosfer atau lapisan dalam Matahari setebal 350 kilometer yang memancarkan cahaya memang sangat panas, yakni antara 3700 sampai 6200 derajat celsius. Tapi menariknya, lapisan di atasnya alias lapisan lebih luar dari atmosfer Matahari, malah lebih panas dari lapisan dalam.

Related Posts
1

Kota di Alaska Ini Tak Akan Lihat Matahari sampai Tahun…

Lapisan setelah fotosfer, misalnya korona yang merupakan bagian terluar Matahari, panasnya mencapai 500 ribu derajat celsius. Panasnya berlipat-lipat dibanding panas di area fotosfer.

Perilaku unik Matahari ini menarik perhatian peneliti. Mereka berupaya menemukan kenapa hal itu terjadi. Peneliti berhipotesa gelombang magnetohydrodynamic (MHD) mendistribusikan energi dari bawah fotosfer dan secara langsung dikirimkan ke korona.

Universitas Northumbria di Kota Newcastle, Inggris, membuktikan hipotesa itu dengan pengukuran gelombang magnetohydrodynamic (MHD). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.