Foto: butikdeha.com

Bunda, Kenali 11 Faktor Penyebab Anda Sulit Hamil

ilustrasi hamil (Foto: butikdeha.com)
ilustrasi hamil (Foto: butikdeha.com)

INSPIRADATA. Kehamilan merupakan hal yang paling dinantikan bai pasangan suami istteri yang sudah menikah. Namun, tentu proses kehamilan ini bagi tiap orang berbeda-beda, ada yang cepat ada juga yang sedikit terlambat.

Agar dapat hamil tentunya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa Anda sulit untuk hamil.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan hubungan intim, haid sudah lancar, tapi belum juga mendapatkan momongan tentu Anda harus tetap berusaha dan cari tahu penyebabnya mengapa Anda sulit hamil.

Dilansir vebma. Com, ini 11 faktor Anda sulit hamil:

1. Menunda kehamilan
Sebaiknya sebagai seorang wanita da seorang istri Anda jangan terlalu lama menunda kehamilan, hanya demi pekerjaan ataupun karir. Karena Jika Anda sudah berusia 30 tahun nanti kemungkinan untuk hamil akan semakin berkurang dan di usia ini adalah masa-masa wanita rawan untuk hamil.

Dan seiring bertambahnya usia seorang wanita, maka jumlah produksi sel telur akan berkurang dan kualitas sel telur pun akan menurun.Untuk itu setelah Anda menikah sebaiknya jangan pernah menunda-nunda untuk punya anak, apalagi sampai menggunakan alat kontrasepsi.

2. Tidak membiasakan menerapkan pola hidup sehat
Dimasa sekarang, banyak orang yang menginginkan semuanya itu serba cepat, instan, dan praktis. Kalau Anda tidak dapat mengendalikan diri, maka hidup Anda akan menjadi tidak seimbang. Terlebih lagi jika Anda suka mengkonsumsi makanan yang cepat saji. Gaya hidup seperti itu akan mempengaruhi kesuburan para wanita. Ditambah lagi suami Anda suka merokok, suka minum alkohol, dan zat -zat lain yang dapat menghambat kehamilan atau menyebabkan kemandulan. Untuk itu berusahalah untuk menghindari atau menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, jika Anda ingin segera punya anak. Mulai sekarang jagalah pola hidup sehat seperti, tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi tinggi, dan olahraga yang teratur, agar kesuburan Anda tetap terjaga.

3. Mengalami menoupause dini
Ketika seorang wanita akan memasuki usia 40 tahun, maka keluarnya darah menstruasi akan berkurang dan lama-lama anda tidak mengalami menstruasi. Hal ini dinamakan manoupose, dan ini terjadi karena fungsi avarium telah terhenti. Wanita yang mengalami manopause dini disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan tubuh.

4. Rusaknya tuba atau saluran telur
Saluran tuba bisa meradang karena adanya penyumbatan atau jaringan perut. Dan ini akan mempengaruhi kesuburan pada wanita. Ini terjadi karena terinfeksi suatu penyakit menular seksual terutama oleh “klamidia”. Ini juga dapat terjadi karena penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi cesar.

5. Sindrom PCOS atau ovarium polikistik
Sindrom ovarium polikistik adalah kondisi yang menyebabkan terjadinya produksi hormon androgen dan akan mengakibatkan gangguan kesuburan wanita. Karena tidak seimbang, maka akan menjadikan ovarium polikistik ada masalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus menstruasi.

6. Endometriosis
Endometriosis terjadi karena jaringan rahim tumbuh di bagian luar rahim sehingga berpengaruh pada indung telur, saluran telur, telur, rahim dan fungsi sperma.

7. Ovarium jaringan parut
Apabila ovarium terjadi kerusakan, maka akan mempengaruhi ovulasi wanita. Kerusakan ini dikarenakan pembedahan akibat terjadinya kista. Operasi konstan yang lebih luas akan menyebabkan jaringan perut dan folikel yang menempel akan menyebabkan gangguan pada proses ovulasi.

8. Adhesi pelvis
Jaringan perut akibat operasi panggul dan usus buntu akan mengganggu kesuburan wanita karena akan mengubah struktur saluran tuba sehingga mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita.

9. Masalah tiroid
Hipertitodisme disebabkan karena adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan kalau tiroid hipotorodisme adalah kondisi dimana tiroid tidak aktif. Dan keduanya akan menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita.

10. Pengobatan kanker
Pada saat terkena penyakit kanker dan Anda harus menjalani kemoterapi maka pengobatan ini akan mengganggu sistem reproduksi pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena efek dari radiasi.

11. Faktor usia
Ketika usia Anda bertambah, maka akan berpengaruh pada kesuburan. Karena wanita yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, dia cenderung mempunyai jumlah sel telur yang kurang sehat dan lebih rendah. Dan akan mengakibatkan resiko keguguran yang lebih tinggi.

Jika Anda termasuk pasangan belum dikaruniai anak, tetaplah berusaha dan berdoa. Dan sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter, jika Anda memiliki keluhan seperti diatas. Semoga bermnafaat. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *