Hidayat Nur Wahid Foto: Okezone

Capres Cawapres Diundang Tes Baca Qur’an, Ini Tanggapan PKS

JAKARTA— Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) angkat bicara perihal undangan dari Ikatan Dai Aceh untuk tes membaca Alquran bagi capres-cawapres.

HNW sapaan akrabnya mengungkapkan, jika benar tes tersebut akan dilaksanakan, yang melaksanakannya harus betul-betul berkualitas.

BACA JUGA: Soal Tes Baca Alquran, KPU: Bukan Syarat Pencalonan Capres

“Yang melaksanakannya harus betul-betul berkualifikasi kelas presiden, mempunyai rujukan intelektual ijazah. Biar dia memang layak untuk menguji dalam hal baca Alquran. Dibuktikan dengan ijazah,” kata Hidayat, pada Rabu (2/1/2019).

HNW menjelaskan, penguji tes membaca Alquran itu harus orang yang kompeten dan memenuhi kualifikasi. Karena untuk uji terhadap capres-cawapres tak bisa sembarangan.

“Dalam hal ini, otoritas terkait dalam ilmu Alquran, membaca Alquran, tajwidnya, qiroah-nya. Makanya yang menguji harus mendapatkan posisi yang diakui dia sebagai ahli dan layak untuk menguji capres-cawapres. Jangan sampai yang menguji pun ternyata juga baca Alquran juga belum tentu,” ujar HNW.

Kemudian, HNW meminta penyelenggara berani memutuskan dan mengumumkan hasil penilaian baca Alquran kedua paslon, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno secara terbuka.

BACA JUGA: Nilai Tes Baca Alquran sebagai Permainan Politik Identitas, Ini Saran Sandiaga

“Harus dilakukan secara terbuka, sampaikan bagaimana hasilnya itu, siapa yang lulus siapa yang tidak lulus. Lulus semuanya atau tidak lulus semuanya, ya kita semua nanti akan melihatnya,” tandasnya. []

SUMBER: DETIKNEWS


Artikel Terkait :

About Ari Cahya Pujianto

Hanya Pemuda Akhir Zaman yang Terus Memperbaiki Diri

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *