Cara Atasi Ketakutan Anak Saat Mau Disuntik

disuntik
disuntik (foto: gridID)

INSPIRADATA. Menurut kalender kesehatan, jadwal vaksinasi sudah tiba. Tapi Anda sebagai orangtua adakalanya malah waswas atau bingung, bagaimana kalau anak takut disuntik.

Supaya ia tenang selama vaksinasi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah?

Tersenyumlah

Sikap Anda selama vaksinasi sangat berperan penting. Tersenyumlah, seolah keadaan baik-baik saja. Jika Anda ikut-ikutan panik, anak otomatis juga akan merasa cemas.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bila orangtua berkata ‘Jangan khawatir’ atau ‘Semua akan baik-baik saja’, justru akan membuat anak semakin takut. Jadi, berikanlah senyum Anda dan tetap tenang.

Alihkan perhatian anak

Rasa sakit akan jarum suntik dapat dikurangi dengan pengalihan. Jika anak Anda masih bayi dan batita, alihkan perhatiannya dengan menyanyi, membacakan cerita, atau membawa mainan-mainan kecilnya.

Bila anak Anda sudah besar, ajak ia menonton video atau mendengarkan musik. Anda dapat menggunakan ponsel untuk menunjukkan film-film atau gambar-gambar selama ia disuntik.

Hindari berbohong pada anak

Disuntik merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Karena itu, jangan membohongi anak dengan mengatakan ‘Tidak sakit’.

“Lebih baik katakan bahwa ia akan disuntik sebentar dan setelahnya tidak akan sakit lagi. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa ‘terkejut’ kemudian menangis,” kata dr. Ferina Rachmi, saat seminar “All About Vaccination”

Menawarkan hadiah menarik

Tak ada salahnya menawarkan hadiah pada anak jika ia berhasil melawan ketakutannya. Misalnya, dengan membelikan makanan kesukaan anak atau mainan yang telah ia idam-idamkan. Hal ini akan membuat anak terhibur dan lebih tenang saat vaksinasi.

Memberikan es pada kulit

Letakkan es pada kulit anak sesaat sebelum divaksinasi. Atau bisa juga dengan mengoleskan krim topikal. Cara ini akan mengurangi rasa sakit saat disuntik. []

Sumber: klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Pasang Stiker ‘Happy Family’ di Mobil Pribadi, Ini Bahayanya

para pelaku kejahatan jadi bisa mengetahui, kapan waktu sang anak sendirian di rumah tanpa ditemani ayah dan bundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *