Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Atasi Knalpot Motor Ngebul Ibarat Asap Fogging Nyamuk

0

ASAP yang keluar dari knalpot motor memang sangat membahayakan karena polusi udara, dan juga si motor itu sendiri. Ironisnya, hal itu juga suka terjadi pada motor-motor injeksi keluaran terbaru.

Pada dasarnya, knalpot motor injeksi yang ngebul sedikit ataupun seperti fogging nyamuk ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Kalau asap yang keluar berwarna hitam, bisa dipastikan proses pembakaran di mesin kurang maksimal.

BACA JUGA: Lumasi Rantai Sepeda Motor, Pilih Pakai Chain Lube atau Oli Bekas?

Hal itu disebabkan karena bensin yang masuk tidak dibakar sempurna karena udara yang kurang. Solusinya cukup penyetelan ulang di ECU atau electronic control unit.

Apabila asap yang keluar berwarna putih, bisa jadi oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar hingga ikut terbakar. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena ring piston kering, sil klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah kelep bocor.

Khusus untuk asap putih, motor dengan sistem injeksi ataupun jenis karburator, pada dasarnya cara penanganannya masih tetap sama. Berikut caranya, seperti dilansir Suzuki Indonesia:

1. Jika piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin, mau tidak mau penanganannya harus segera mengganti piston dengan yang baru. Tapi jika dinding silindernya ikut baret, lakukan dulu oversize dan ganti piston yang sesuai dengannya.

BACA JUGA: Minimalisir Risiko, Begini Teknik Hentikan Motor Saat Rem Blong

2. Jika klep bocor karena ada kotoran atau kerak sisa pembakaran yang menghambat dinding klep, tindakan yang bisa dilakukan adalah, dengan skir ulang klep. Agar hasil skir ulang lebih awet, sebaiknya pilih komponen yang tidak mengikis.

3. Jika ring piston sudah aus karena sudah digunakan cukup lama, mau tidak mau harus diganti, terlebih jika motor seriung digunakan dan sudah 1 tahun belum diganti.

4. Jika sil klep keras atau getas karena masa pemakaiannya yang sudah lewat (kadaluarsa) atau karena suhu mesin yang tinggi, maka solusi terbaik adalah dengan menggantinya. []

SUMBER: 100KPJ | SUZUKI

.


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline