Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Bangun Kesan Hidup Penuh Bahagia

0

Tujuan hidup adalah bahagia. Bukan hanya sekadar menghilangkan hal yang membuat kita tidak bahagia, kesan yang harus dibangun untuk bahagia ternyata tak cukup sederhana.

Bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

Memulai hari dengan produktif

Mungkin sesaat membuka mata usai bangun tidur, kamu langsung meraih handphone untuk melihat akun Instagram. Scroll, scroll, scroll… tak terasa kamu sudah menghabiskan 45 menit, di atas tempat tidur. Sudah pasti ini bukan cara terbaik untuk bangun pagi.

BACA JUGA: Tips Nikmati Hidup dengan Rasa Bahagia

Kamu akan merasa lebih bahagia saat berhasil membuat sebuah progres dalam hidup. Jadi, lakukanlah sesuatu saat bangun pagi. Apa satu hal yang bisa membuat hari kamu terasa lebih bahagia? Apapun itu, segera lakukan sesaat setelah bangun.

Rencanakan hal simpel

Salah satu pemicu stres dan pembunuh rasa bahagia adalah ketergesa-gesaan. Perasaan diburu waktu dan percaya bahwa kamu tak memiliki sedetik pun untuk sekadar menghirup udara segar akan membuat kamu terpuruk. Hindari mengisi terlalu banyak aktivitas pada kalendermu.

Manusia dikenal memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi. Maka dari itu, kita selalu menghabiskan hari dengan penuh stres dan rasa terburu-buru yang berlebihan.

Coba hal ini: berkendaralah lebih lambat, berjalan lebih lambat (jangan lari kecuali sedang berolahraga), mengunyah lebih lambat. Ingat, kamu tetap bisa bergerak lebih lambat dan tetap menyelesaikan semua tanggung jawab.

Meluangkan waktu

Kalau kamu selalu merasa diburu waktu, kamu tak akan bisa menikmati kehidupan yang bahagia. Lakukan hal di atas dan kamu akan diberi waktu untuk terpukau pada kehebatan dunia.

Berjalanlah di pasir tanpa alas kaki, bermain dengan hewan peliharaan, memberi makan bebek, menyaksikan matahari terbenam, be in the nature, atau sekadar duduk di bangku taman dan melihat seluruh dunia berputar di sekelilingmu.

Berhak merasa bahagia

Gunakan beberapa menit untuk memikirkan semua hal yang patut kamu syukuri dalam hidup, kecil ataupun besar. Apa yang membuatmu bangga? Apa yang membuatmu tersenyum baru-baru ini? Siapa yang berjasa dalam hidupmu?

Apakah ada seseorang, pengalaman, atau hal yang membuat hidup terasa lebih kaya (bukan secara materi)?

Saat kita bisa mulai bersyukur, emosi negatif seperti stres, marah, atau kesedihan, tak akan hinggap dalam diri.

Tersenyumlah

Hal yang simpel tapi sangat kuat. Smiling is contagious! Kamu bisa melakukannya di mana saja. Orang lain akan mengenalmu sebagai si murah senyum. Berikan senyuman pada mereka yang sedang frustrasi di jalan atau supermarket.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa aksi fisik seperti tersenyum dapat mendorong zat dalam otak untuk menciptakan rasa bahagia.

Buat gratitude journal

Kita pasti memiliki hal-hal yang memengaruhi emosi. Ada hal yang bisa membuat kita tersenyum, terinspirasi, dan bahagia. Hal-hal ini bisa berupa lagu spesial, film, video, olahraga baru, buku, atau waktu yang dihabiskan bersama orang terkasih.

Gunakan 10 menit untuk mencatat hal-hal ini dalam jurnal dan tambahkan kapan saja kamu merasa bahagia. Simpan daftar tersebut dan baca saat kamu membutuhkan semangat baru.

BACA JUGA: Kebahagiaan Sosial

Berada di tengah orang terkasih

Mungkin saat merasa sedih, hal terakhir yang kamu inginkan adalah berada di keramaian. Ada baiknya untuk menghindari hal ini. Hidup adalah tentang koneksi dan hubungan. Orang-orang tercintalah yang bisa mengubah mood secara instan.

Ketahui siapa saja yang membuatmu bahagia, yang bisa memberikan semangat dan rasa positif. Siapa pun yang tak masuk dalam daftar ini, tak memerlukan waktu dan perhatianmu, sama sekali. []

SUMBER: HERWORLD


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.