Cara Tepat Membasuh Area Kewanitaan

0

Organ intim wanita adalah bagian tubuh yang wajib diperhatikan kesehatannya. Karena sangat intim, membasuh organ wanita ini berbeda dengan mencuci bagian tubuh yang lain. Karena jika salah, ini bisa berakibat fatal seperti menyebabkan gatal sampai berjamur pada area kewanitaan.

Perlu wanita ketahui, bagian dalam vagina pada dasarnya memiliki kemampuan sendiri untuk membersihkan diri. Namun bagian vulva tetap harus kita bersihkan.

BACA JUGA: Kebiasaan Wanita saat Tidur Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kanker

Vagina memiliki kadar pH sekitar 3,5 sampai 4,5. Saat kamu menggunakan sabun mandi dengan pH sekitar 8, ini akan merusak keseimbangan vagina. Akibatnya, vagina jadi gatal, teriritasi, dan berbau. Perhatikan kandungan pH sabun dan pilihlah sabun yang netral dan sesuai pH vagina.

Hal yang tak kalah penting adalah alat untuk membersihkan vagina. Jangan pakai alat yang bisa menyebabkan luka atau robekan di kulit. Maka, pakailah handuk basah yang halus atau tangan.

BACA JUGA: Inilah 3 Hal yang Bisa Seret Wanita ke Neraka

Hindari juga melakukan douche atau membersihkan bagian dalam vagina. Ini karena ada bakteri baik dan buruk pada vagina. Saat menggosok bagian dalam vagina, kamu akan menghilangkan kedua bakteri ini. Saat melakukan ini, kamu berisiko mengalami infeksi jamur dan kondisi lain seperti bacterial vaginosis, infeksi jenis lain.

Membersihkan vagina memang penting, tapi pastikan kamu tahu aturannya agar malah tak membahayakan vagina. Vagina sebenarnya diciptakan untuk membersihkan diri sendiri. []

SUMBER: LIPUTAN6

Kamu Sedang Offline