Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Cek Nama di DPT Pemilu 2019

0

PEMILU (Pemilihan umum) 2019 semakin dekat. Seluruh rakyat Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih diharapkan ikut menentukan calon pemimpin bangsa.

Salah satu cara aktif turut serta dalam Pemilu 2019, yakni dengan cara cek apakah dirinya sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih (DPT) atau belum.

BACA JUGA: Tanggapi Isu Pemilu 2019 Tidak Aman, Wiranto: Itu Hoaks, Pemilu Aman

Berikut langkah-langkah atau cara cek nama di DPT pemilu:

1. Pertama kamu bisa buka situs resmi KPU, (https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/), atau di sini.

2. Lalu akan muncul kotak bertuliskan “Nama” dan “NIK”. Isilah nama lengkap dan nomor identitas yang terdaftar di dalam KTP.

3. Setelah semua terisi, klik “Cari”. Setelah itu akan muncul daftar identitasmu, mulai dari Nama, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan, dan Nomor TPS di tempat tinggal.

4. Nah, jika ternyata kamu belum terdaftar, akan muncul peringatan seperti ini. “Alert! ANDA BELUM TERDAFTAR ATAU KOMBINASI NIK DAN NAMA SALAH.”

BACA JUGA: Takut Curang, Penerbitan E-KTP untuk WNA Dihentikan sampai Pemilu 2019 Selesai

5. Jika itu terjadi, laporkan segera hal ini ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan membawa fotocopy e-KTP dan kartu keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa cek daftar DPT Pemilu 2019 melalui smartphone, yaitu dengan cara mengunduh aplikasi “KPU RI Pemilu 2019″melalui Play Store untuk Android. Buka aplikasinya dan klik “Cek Pemilih”.

Itulah cara cek nama di DPT apakah sudah terdaftar atau belum untuk Pemilu 2019. []

SUMBER: MERDEKA


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline