5 Cara Hemat Andalan Anak Kost di Bulan Ramadan, Benar Gak Nih?
5 Cara Hemat Andalan Anak Kost di Bulan Ramadan, Benar Gak Nih?

5 Cara Hemat Andalan Anak Kost di Bulan Ramadan, Benar Gak Nih?

INSPIRADATA. Hidup mandiri memaksa anak kost belajar untuk mengelola uang kiriman bulanan dari orangtua secara bijak dan penuh perhitungan, termasuk selama bulan Ramadan.

Dan dapat dikatakan juga bila bulan puasa adalah momentum terbaik bagi anak kost untuk berhemat, karena tidak perlu membeli makan siang. Namun ‘penyakit lapar mata’ tanpa sadar berhasil mempropaganda anda sebagai anak kost, untuk mengonsumsi menu berbuka secara berlebihan.

Dan inilah 5 cara berhemat yang biasa dilakukan oleh anak kost:

1. Perlakukan ‘Saat Berbuka’ Seperti ‘Makan Malam’ Biasa

Setelah 14 jam perut dan kerongkongan dibiarkan kosong, adalah wajar bagi kita mengganjal perut dengan sesuatu yang mengenyangkan dan melegakan, namun jangan berlebihan.

Pilih menu berbuka puasa dengan rentang harga yang tidak terlalu berbeda dari jatah makan malam di hari biasa. Jika harus mengonsumsi minuman manis seperti jus, carilah minuman dengan harga yang lebih murah.

2. Masak Bersama Teman Kost

Masak dapat menghemat biaya hingga tiga kali lipat dibandingkan jika kita harus membeli makanan di warung. Apalagi jika masaknya bareng teman kostan. Sebagai perbandingan, makanan yang kita beli di warung harganya berkisar Rp 10 ribu/ porsi. Itu artinya, untuk menu berbuka puasa dan sahur, paling tidak kita harus mengeluarkan biaya Rp 20 ribu/ hari.

Namun dengan masak bareng teman kost minimal lima orang, kita hanya perlu mengeluarkan sumbangan Rp 5 ribu/ hari. Itu sudah cukup untuk mendapatkan menu lengkap seperti nasi, sayur, lauk, buah dan takjil.

Lebih-lebih jika kita mau terjun langsung ke pasar dan menawar. Meski menu sederhana, nikmatnya akan lebih terasa saat kita bisa masak dan berbuka bersama teman.

3. Rajin-Rajin Berburu Takjil Gratis

Sambil menunggu berbuka, anda bisa memanfaatkan waktu untuk berkeliling mencari takjil gratis. Biasanya di pertigaan lampu merah dan lorong-lorong kampus, banyak kelompok dermawan dan instansi pemerintah yang membagikan takjil gratis bagi pengguna jalan.

Tidak ada salahnya untuk menerima pemberian dari mereka.

4. Memanfaatkan Undangan Ngabuburit Gratis

Banyak orang atau badan usaha yang memanfaatkan bulan ramadan sebagai momen untuk berbagi. Tidak jarang Kepala Daerah, rektor, dekan, pemilik kafe hingga radio lokal mengadakan acara ngabuburit gratis tanpa undangan resmi. Artinya terbuka untuk umum.

5. Rajin ke Masjid

Masjid adalah rumah Allah di mana bisa menemukan kedamaian, ketentraman batin, termasuk keberkahan rejeki selagi kita ikhlas. Sambil menunggu berbuka, kita bisa beritikaf atau membantu takmir masjid membersihkan karpet salat.

Selain menambah pundi-pundi pahala, faktanya tidak sedikit dermawan yang mencari keberkahan dengan berbagi makanan dan takjil untuk para muadzin, takmir, termasuk para jemaah. Halal-halal saja kita menerima sedekah dari mereka.

Tapi ingat jangan jadikan itu sebagai alasan kita untuk pergi ke masjid. Agar pundi-pundi pahala yang tadinya kita kumpulkan tidak berguguran. Diharapkan, kebiasaan beritikaf dan mengabdi di rumah Allah tetap akan berlanjut di luar bulan puasa.

Itulah 5 cara hemat yang biasa dilakukan oleh anak kost. []

 

Sumber: IDN Times


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *