Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak yang Jarang Diketahui Orangtua

0

Tak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi orang yang bodoh, semua orang tua tentu menginginkan anak-anaknya memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, sehingga dapat meraih sukses.

Cara apapun akan orang tua lakukan untuk meningkatkan kecerdasan anaknya, seperti membelikan mainan yang mampu meningkatkan kecerdasannya.

Namun, rupanya faktor penting yang lebih perlu diperhatikan sebagai cara meningkatkan IQ pada anak yaitu dengan memperkuat kemampuan dasarnya dengan menjaga pola asuh yang baik untuk membangun hubungan emosi dan sosial antara anak dengan orangtua atau pengasuhnya.

1. Peran Perhatian dan Kasih Sayang
Cara yang tepat untuk meningkatkan IQ anak sangat penting dimulai sejak bayi. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi kasih sayang dan perhatian penuh dari ibunya akan memiliki daya ingat dan daya tangkap yang lebih baik. Hal ini tentu penting bagi pendidikannya.

Hingga anak usia empat tahun, otak anak akan berkembang pesat. Kesempatan yang baik dilakukan saat ini adalah menyediakan waktu belajar dan menguasai keterampilan.

Semakin bertambah usia anak, maka otaknya pun akan semakin berkembang hingga memasuki kehidupan dewasa. Tetap beri perhatian dan kasih sayang penuh pada anak hingga membuatnya merasa aman dan nyaman, hal ini dapat mempermudah proses belajar.

2. Penting Dilakukan oleh Orangtua
Karena peran perhatian dan kasih sayang dapat meningkatkan IQ pada anak, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua:

 Membangun interaksi
Mendengarkan anak berbicara sangat penting, karena dapat memberi dorongan dan kesempatan anak untuk mengekspresikan diri.

 Membaca cerita bersama
Membaca cerita bersama dapat membentuk ikatan emosional dengan anak. Orang tua bisa mengajarkan anaknya membaca maupun bercerita secara bergantian yang berguna untuk memicu percakapan, serta memperkaya kosakata.

 Selalu memuji proses belajar
Penelitian menunjukkan, anak-anak yang dipuji karena upaya dan kegigihannya dalam memecahkan masalah, cenderung memiliki motivasi lebih baik di sekolah. Namun, bukan hanya hasil yang harus dipuji oleh orang tua pada anaknya, namun prosesnya pun orang tua harus memuji. Karena anaknya sudah ada keinginan untuk belajar.

 Menjaga nutrisi
Hal yang paling baik untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan pemberian asupan makanan yang mengandung nutrisi seimbang dengan banyak vitamin.
Bukan hanya kecerdesan intelektual yang diperhatikan, orang tua juga perlu memperhatikan faktor tumbuh kembang lain, seperti kecerdasan emosional yang tidak kalah penting. []

Sumber : Aladokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.