Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Meredakan Amarah Menurut Islam, Mudah Ternyata

0

 

Dalam kehidupan sehari-hari kita, kita kerap menemukan hal-hal yang tidak kita senangi.

Bahkan hal kecil yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan dapat menjadi bulan bulanan amarah.

Islam agama yang sempurna ini memberikan berbagai macam langkah yang dapat dilakukan ketika amarah tengah merasuki ke dalam dada.

1. Dianjurkan membaca ta’awudz, memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan

Sesungguhnya Amarah itu adalah datangnya dari gangguan syeithan. Maka kita harus bersegera meminta perlindungan kepada Allah seperti yang dikatakan dalam firman-Nya.

2. Berwudhu

Dari Athiyyah as-Sa’di Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud, no. 4784. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

3. Hendaknya Diam

Ketika amarah datang, seseorang akan dirasuki kejelekan kejelekan sifat hingga ia dapat engeluarkan kata-kata yang tidak diridhai Allah seperti umpatan, makian, hinaan, dan lain sebagainya yang dapat membuat diri orang tersebut lepas kendali dan menurunkan derajatnya di mata manusia yang melihatnya sedang marah tersebut.

4. Ubahlah posisi

Di dalam dunia medis merubah posisi dari dari berdiri menjadi duduk kemudian baring ini adalah untuk menuunkan tingkat tekanan darah yang terjadi memuncak ke kepala yang dapat memberikan tekanan sehingga seseorang merasa gelisah dan tidak sabaran. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.