Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Tepat Rawat Orang yang Digigit Ular Berbisa

0

SAAT seseorang mendapatkan kondisi darurat akibat kecelakaan atau kejadian fatal, perawatan yang tepat akan menentukan dia bisa bertahan hidup atau tidak. Tak terkecuali perawatan setelah digigit ular berbisa.

Pakar toksikologi dan bisa ular DR. dr. Tri Maharani, M.Si SP.EM mengatakan, ada pemahaman masyarakat yang salah soal penanganan pertama ketika mengalami gigitan ular.

BACA JUGA: Ini yang Harus Dilakukan saat Menghadapi Ular

Umumnya, orang yang terkena gigitan ular akan mengikat daerah disekitar area gigitan ular. Hal itu bertujuan untuk menghentikan pergerakan bisa ular agar tak menyebar ke seluruh tubuh.

Tindakan keliru saat digigit ular berbisa lainnya adalah dengan membuat sayatan di daerah gigitan untuk mengeluarkan darah. Tujuanya pun sama, menghindari penyebaran bisa ular.

Menurut Tri, kedua tindakan tersebut salah besar, tidak membantu sama sekali. Bisa ular akan tetap menyebar ke bagian tubuh lainnya.

“Kalau diikat hanya membuat kondisi seolah-olah bisa ular berhenti. Padahal yang diikat adalah pembuluh darah. Akibatnya pembekuan darah hingga amputasi,” kata Tri.

Tri menjelaskan, cara penanganan yang tepat adalah dengan membuat bagian tubuh yang terkena gigitan ular tak bergerak.

Caranya sederhana. Anggota tubuh yang tergigit dihimpit dengan kayu, bambu, atau kardus layaknya orang patah tulang.

BACA JUGA: Jangan Marah Seperti Ular

“Betul-betul tidak bergerak sehingga bisa ular hanya ada di tempat gigitan, tidak menyebar ke seluruh tubuh,” kata Tri.

Tri menuturkan, saat seseorang dengan luka gigitan ular, tenaga medis harus dapat mengatur jalannya pernafasan.

Pasien harus segera dibawa ke inkubasi, dipasang fentilator dan dibantu dengan pernapasan buatan. Jika terjadi gagal jatung, tenaga medis dapat melakukan pijat jantung. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline