Unik, Informatif , Inspiratif

Cara Terbaik Membalas Dendam Menurut Islam

0

 

Manusia tidak luput dari kesalahan, salah satunya yaitu dendam. Ada kalanya kita merasa tersinggung atau sakit hati akibat tindakan buruk seseorang kepada kita. Saat menyimpan dendam. Terkadang, kita ingin membalas orang itu dengan merasakan seperti apa yang kita rasakan. Dalam islam, tentu sifat pendendam seperti ini jelas tidak diperbolehkan.

Contohnya, jika seseorang jahil, membully, atau memandang sebelah mata terhadap kita. Lalu kita merasa sakit hati terhadap orang itu, rasa ingin balas dendam akan timbul karena sakit hati tersebut.

Menurut Islam, satu-satunya cara terbaik untuk `membalas dendam` adalah dengan menjadi jiwa yang pemaaf.

Dengan cara itulah kita dapat mengikhlaskan apa yang telah orang itu perbuat kepada kita. Perilaku ini adalah perilaku terpuji. Karena dalam Islam pun Allah SWT Melarang keras perbuatan dendam terhadap seseorang.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, ” Tidaklah seseorang memaafkan kezaliman (terhadap dirinya) kecuali Allah akan menambah kemuliaannya,” (HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi).

Lalu, bolehkah kita membela diri saat dizalimi? Allah SWT berfirman, ” Dan bagi orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa yang memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah, sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.”

Itu tadi penjelasan tentang balas dendam tanpa melanggar larangan Allah SWT. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari artikel tersebut. Semoga bermanfaat. Amiin insya Allah. []

SUMBER: dream.co.id


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.