Planet Bumi
Foto: Shutterstock

Cari Asal-Usul Bumi, Ilmuwan Jepang Coba Tembus Mantel Bumi

mantel bumi
mantel bumi (Foto: Shutterstock)

INSPIRADATA. Peneliti Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC) sedang mencoba mengebor bumi. Rencananya, mereka akan menembus hingga ke lapisan antara kerak dan inti luar atau mantel bumi.

Mereka meyakini, penggalian tersebut akan memberi mengungkapkan lebih lanjut tentang asal-usul bumi. Lebih jauh lagi, hal itu bisa membantu umat manusia untuk mengatisipasi kedatangan volkano, gempa bumi atau bencana lain yang disebabkan oleh alam.

Saat ini, peneliti sudah memiliki tiga lokasi yang menjadi poin pengeboran. Ketiganya berada di bawah samudera pasifik. Pengeboran paling mungkin dilakukan di Hawaii, lokasi lainnya ada di Costa Rica dan sekitar Meksiko.

Pengeboran dilakukan menggunakan peralatan canggih yang disebut Chikyu. Rencananya, pengeboran akan diawali di kedalaman sekitar 4 Km dari dasar laut. Penggalian diteruskan hingga lebih dalam 6 km hingga mencapai mantel bumi.

“Ini menjadi kapal pengeboran terbesar yang dimiliki ilmuwan, jadi kemampuan pengeborannya mencapai tiga kali lebih dalam dari pada biasanya,” kata peneliti JAMSTEC Natsue Abe, seperti dikutip Digitaltrends, oleh Republika. 

Namun, projek pengeboran bumi tersebut tampaknya baru akan dilaksanakan sekitar 2030 mendatang. Peneliti masih harus menggalang dana sekitar Rp 7,1 triliun dan beberapa kendala teknis lainnya.

Pengeboran hingga ke mantel yang menutupi sekitar 80 persen bumi ini akan menjadi yang pertama kali. Kendati, menembus bumi hingga ke mantel tentu bukan perkara mudah. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *