sel kanker
Foto: Natural Health 365

Catat! Inilah Tandanya Sel Kanker Sudah Menyebar ke Tulang Belakang

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Pasalnya, kanker masih menjadi penyakit yang belum ditemukan obatnya.

Salah satu komplikasi kanker yang paling ditakuti adalah metastasis, yakni persebaran sel-sel kanker ke organ lain. Ada beberapa tanda yang bisa dikenali ketika metastasis terjadi di tulang belakang.

“Metastase paling banyak pada tulang belakang,” kata dr Ade Tobing, SpKO dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia, sebagaimana melansir Detik Health.

Metastase atau metastasis terjadi pada semua jenis kanker, ketika sudah memasuki stadium lanjut. Tidak terkecuali, kanker payudara.

“Sebenarnya tanda-tandanya kalau sampai ke tulang pasti nyeri sekali. Orang sampai kesakitan luar biasa, itu tanda paling utama,” kata dr Ade.

Untuk bisa survive atau bertahan hidup pada fase ini, dr Ade menyarankan beberapa hal. Yang pertama adalah menerapkan pola hidup sehat, antara lain rajin olahraga.

“Olahraga minimal 3 kali seminggu, sesuai kemampuan,” katanya.

Ade menambahkan, hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga asupan nutrisi. Bagi yang sudah mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1.000 hingga 1.200 mg/hari. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *