Catatan buatan Einstein
Foto: AFP

Catatan Buatan Einstein Ini Terjual Senilai Rp21 Miliar

Albert Einstein menulis sebuah catatan yang laku terjual seharga 1,56 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp21 miliar di Yerusalem dalam sebuah lelang.

Dilansir dari BBC, Rabu (25/10/2017), catatan itu berisi tentang “rumus hidup bahagia”. Catatan buatan Einstein untuk seorang kurir di Tokyo, Jepang, itu terjual dalam sebuah acara lelang yang diadakan oleh rumah lelang Winner di Yerusalem.

Sedangkan sebuah catatan lain di kertas terpisah, yang juga berisi kata mutiara dari Einstein terjual dengan harga 240.000 juta dolar atau senilai Rp3,2 miliar.

Berawal pada 1922, kisah terkait catatan itu sendiri sangat unik. Penerima Nobel Fisika itu awalnya diundang ke Jepang untuk memberikan kuliah. Ketika itu, walau belum dianugerahi Nobel Fisika, ilmuwan yang terkenal dengan teori relativitas miliknya itu sedang tenar-tenarnya di dunia.

Dilansir dari Suara.com, fisikawan berdarah Jerman ini didatangi oleh seorang kurir lokal yang membawakannya surat saat dirinya tengah menginap di Hotel Imperial, Tokyo. Kurir itu, sesuai tradisi lokal, menolak untuk menerima uang tip. Sebaliknya Einstein tak memiliki pecahan uang kecil untuk diberikan sebagai tip.

Tetapi Einstein, yang tak ingin kurir itu pergi dengan tangan kosong, punya jalan keluar. Ia menuliskan sebuah catatan dalam bahasa Jerman dan memberikannya kepada sang kurir sebagai kenang-kenangan.

“Mungkin jika Anda cukup beruntung, catatan ini akan menjadi lebih bernilai dari uang tip (di masa depan),” kata Einstein kepada sang kurir seperti dituturkan oleh pemilik catatan itu saat ini.

Pemilik catatan itu sendiri mengaku masih kerabat sang kurir. Ia kini menetap di Kota Hamburg, Jerman dan tak ingin identitasnya diungkap ke publik.

Salah satu catatan yang ditulis di sehelai kertas berlogo Hotel Imperial Tokyo itu berbunyi, “Hidup yang tenang dan sederhana memberikan lebih banyak kegembiraan ketimbang mengejar kesuksesan tetapi penuh dengan kegelisahan.”

Sedangkan, dalam selembar kertas putih polos, Einstein menulis, “di mana ada kemauan, di situ ada jalan.”

Walaupun catatan-catatan itu, yang sebelumnya tak diketahui oleh para ilmuwan maupun sejarahwan, tak memiliki nilai sains, namun isinya dapat menggambarkan isi kepala Einstein soal kehidupan secara umum. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *