anak pembohong
Foto: rolereboot.org

Cegah Anak Jadi Seorang Pembohong dengan 5 Cara Ini

Seorang anak terkadang berbohong meski tidak tahu jika hal tersebut tidak baik dilakukan. Jika didiamkan, hal ini menjadi kebiasaan pada sang anak.  

Victoria Talwar, seorang Profesor Psikologi Perkembangan Tata Mcgill University yang telah melakukan penelitian ekstensif pada anak prasekolah dan soal kebiasaan berbohong memaparkan, “Ketika anak prasekolah berbohong, mereka menguji kemampuan kita. Mereka mulai memahami kalau mereka bisa memiliki pikiran, pengetahuan, dan keyakinan mereka sendiri.”

Untuk mencegah anak menjadi pembohong, berikut lima tips yang harus orangtua lakukan.

1. Cari tahu akar penyebab anak sering berbohong
Penting untuk lebih dahulu mencari akar penyebab anak berbohong lalu menyesuaikan pendekatan kita agar anak tak lagi mudah berbohong karena takut akan sesuatu.

2. Jangan langsung menyalahkan anak
Saat anak kita berbohong, tak perlu menyalahkannya. Cobalah tatap matanya dan katakan padanya kalau kita sebenarnya tahu hal yang sebenarnya telah terjadi. Sambil memeluknya lembut, nasihati dia agar lain kali dia harus jujur. Beritahu kalau berbohong itu salah dan tegaskan padanya soal pentingnya mengungkapkan kejujuran dan berhenti berbohong.

3. Beri pujian saat anak berkata jujur
Saat anak sudah mau berkata jujur saat sebelumnya sudah berbohong, puji ia karena telah menjadi anak yang berani. Kalau nanti anak berbohong lagi, ingatkan kembali saat dia berani berkata jujur dan dorong si anak untuk selalu berkata jujur setiap saat.

4. Jangan memberi pembenaran dalam suatu kebohongan
Terkadang apa yang diucapkan anak saat berbohong bisa saja lucu. Namun saat dia berkata bohong, jangan memberikan pembenaran atas perilaku berbohongnya tersebut. Agar anak tahu bahwa bohong itu salah. Kalau dia merasa, “Nggak apa-apa berbohong sedikit,” maka sang anak bisa saja akan terus menggunakan kalimat tersebut untuk berbagai hal lainnya.

5. Jadilah panutan untuknya
Anak bisa langsung meniru apa saja yang dia lihat dan dia dengar secara langsung. Jika tak ingin anak menjadi pembohong, maka terapkan pada diri orang tua untuk tidak menjadi orang tua yang pemohong agar sang anak tidak menurutinya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *