anak durhaka
Foto: Reader's Digest

Cegah Anak Kecanduan Game dengan Enam Langkah Ini

Kecanduan video game bisa berbahaya bagi anak-anak. Apabila telah kecanduan, mereka biasanya bermain berjam-jam tanpa henti, ini sebabkan mereka lupa waktu. Belum lagi mereka jadi lupa bahkan sengaja meninggalkan tugas mereka.

Juga dampak sosial yang akhirnya membuat anak kurang dapat bersosialisasi dengan lingkungan. Kecanduan video game juga berpotensi membuat anak berperilaku kasar sampai masalah kesehatan, seperti kurang tidur.

Dikutip dari Parenting Squad, berikut ini langkah yang bisa dilakukan orang tua terhadap anaknya agar tidak kecanduan video game:

1. Mencegah sejak dini

Sulit untuk melepaskan gadget atau konsol game itu dari mereka, saat anak-anak telah memulai permainan. Maka dari itu, sebaiknya tak perlu membeli atau bermain video game di depan anak-anak.

2. Tetapkan batasan

Orang tua kerap dilema antara ingin memenuhi keinginan anak agar dia senang atau ingin memberikan yang terbaik dengan cara melarang. Membatasi atau menghapus permainan video game mungkin akan membuat anak kesal terhadap orang tuanya. Anak perlu penjelasan bahwa membuat batasan bukan berarti mengekang keinginannya sama sekali.

3. Lakukan kegiatan alternatif

Lihatlah selain ke video game, ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak. Membacakan cerita, membangun rumah dari balok, bermain bola, atau sekadar mewarnai gambar akan membuat anak lebih kreatif dan tubuhnya jadi banyak bergerak.

4. Dorong anak beraktivitas di luar rumah
Ajak anak untuk beraktivitas di luar rumah, misalnya dengan membawa mereka ke taman bermain atau sekadar berkunjung ke rumah saudara atau teman.

 

5. Buat kegiatan dengan anak-anak lain

Langkah ini membutuhkan kerja sama dengan orang tua lainnya. Tapi kehadiran teman anak adalah cara tepat untuk menginspirasi anak Anda agar tak melulu duduk di depan video game .

6. Bermain bersama anak

Anak-anak suka bermain dengan orang tua, sampai usia tertentu. Manfaatkanlah waktu ini bersama anak karena mungkin suatu saat Anda akan merindukan momen yang tak akan terulang ini. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Pasang Stiker ‘Happy Family’ di Mobil Pribadi, Ini Bahayanya

para pelaku kejahatan jadi bisa mengetahui, kapan waktu sang anak sendirian di rumah tanpa ditemani ayah dan bundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *