Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadan dengan Santap 3 Makanan Ini Saat Sahur
Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadan dengan Santap 3 Makanan Ini Saat Sahur

Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadan dengan Santap 3 Makanan Ini Saat Sahur

INSPIRADATA. Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, hal yang paling sering terjadi adalah ,masalah bau mulut.

Sebenarnya nafas kurang sedap terjadi karena dua hal, yakni masalah mulut dan kesehatan pencernaan.

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, pertama-tama Anda harus memperbaiki pola makan. Seimbangkanlah konsumsi protein, karbohidrat. Selain itu perbanyak lah makan buah, sayur dan cairan untuk menjaga saluran cerna yang sehat. Tidak lupa untuk rajin menyikat dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang pembersih gigi.

Berikut ini tiga referensi makanan sahur dan berbuka puasa untuk mencegah bau mulut:

1. Yoghurt

Sebuah penelitian terbaru menemukan, makan yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Sebaiknya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

2. Apel, Wortel & Seledri

Ketiga jenis sayur dan buah ini ampuh melawan bau mulut. Anda bisa menggabungkannya menjadi jus. Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur yang akan kaya serat dapat memerangi aroma mulut yang tidak sedap.

Ahli gizi Cynthia Sass mengatakan, plak terus berkembang di dalam mulut yang menimbukan aroma tidak sedap. Makanya ia manyarankan makan lah makanan yang meningkatkan produksi air liur untuk menjaga mulut tetap lembab dan membersihkan area mulut.

Cynthia juga memperingatkan agar tidak lupa membersihkan gigi setelah makan ayam dan sereal. Makanan tersebut biasanya akan menyelip di gigi dan sekitar mulut.

3. Makanan yang Kaya Vitamin C

Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

Sebaiknya konsumsi vitamin C dari makanan bukan suplemen.
Itulah makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur untuk mencegah bau mulut selama puasa Ramadan. []

 

Sumber: Detik


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *