cegah hamil, Cegah Hamil dengan Mengetahui Suhu Tubuh, Bagaimana?
Unik, Informatif , Inspiratif

Cegah Hamil dengan Mengetahui Suhu Tubuh, Bagaimana?

0

Dikaruniai momongan adalah hal yang paling banyak ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Meski begitu, ada juga pasangan yang mengaku masih belum siap. Mereka mencegah kehamilan dengan alat kontrasepsi.

Cara mencegah kehamilan ternyata tidak harus menggunakan alat kontrasepsi. Ada satu metode alami yang bisa dicoba untuk mencegah kehamilan. Cara itu bernama “Basal body temperature”. Penegah kehamilan secara alami. Lantas bagaimana caranya?

Basal body temperature adalah cara mencegah kehamilan dengan mengetahui kondisi suhu tubuh dan keluarnya haid. Hal ini dilakukan dengan cara mengukur suhu badan.

BACA JUGA: Cara Atasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Suhu badan seseorang tidak akan mengalami peningkatan setelah mengalami ovulasi. Pengukuran suhu basal dilakukan pada pagi hari segera setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Rahim sedang mengalami proses ovulasi jika suhu tubuhmu meningkat dari suhu biasanya. Suhu normal tubuh sekitar 35,5-36 derajat Celcius. Pada waktu ovulasi, suhu akan turun terlebih dahulu dan naik menjadi 37-38 derajat kemudian tidak akan kembali pada suhu 35 derajat Celcius. Pada saat itulah terjadi masa subur/ovulasi.

BACA JUGA: Bahaya Ibu Hamil yang Sering Tidur Mendengkur

Suhu basal tubuh diukur dengan alat yang berupa termometer basal. Termometer basal ini dapat digunakan secara oral, per vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit. Tiga hari setelah peningkatan suhu tubuh tersebut, kamu sudah bisa bercinta lagi dengan suami tanpa harus khawatir hamil.

Kamu juga bisa mengukur masa suburmu dengan cara ini lho. Jadi pada hari pertama saat suhu tubuhmu meningkat sampai tiga hari berikutnya adalah masa yang paling subur. []

SUMBER: VEMALE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.