Unik, Informatif , Inspiratif

Cegah Kanker Serviks dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

0 318

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Itulah pepatah yang sangat biasa kita dengar namun masih sering terabaikan. Kanker serviks kini sepertinya menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kalangan wanita. Berbagai cara pun pasti akan dilakukan oleh setiap wanita agar terhindar dari penyakit yang sangat membahayakan tersebut.

Risiko seorang perempuan terserang kanker serviks bisa diturunkan dengan mengonsumsi lima porsi sayur dan buah per hari. Dijelaskan bahwa sayur dan buah yang mengandung antioksidan alami dalam berbagai sayur dan buah berbeda bisa membantu menghambat atau menghentikan penyebab mutasi sel jadi sel kanker.

Berikut jenis makanan yang wajib dikonsumsi untuk cegah kanker serviks:

1. Wortel
Wortel tak cuma bermanfaat untuk kesehatan mata dan sumber vitamin A. Namun sayuran berwarna cerah ini juga bermanfaat untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker serviks.

2. Teh hijau
Teh hijau adalah minuman yang popular karena manfaat kesehatannya. Salah satu alasannya adalah karena kandungan antioksidan.

Teh hijau mengandung polifenol yang bisa membantu pembelahan dan pembelahan sel kanker.

3. Kacang
Meski harganya tergolong murah, namun beraneka jenis kacang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan serat dan protein tinggi bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel.

Kacang juga mengandung phytochemical yang berfungsi menghambar pertumbuhan tumor. Senyawa ini akan melindungi sel sehat agar tak bermutasi dan berubah jadi sel kanker serviks.

4. Selada
Mungkin sayuran ini hanya dikonsumsi jika Anda makan salad atau burger. Parahnya, sayuran ini juga kerap hanya jadi penghias piring makanan. Padahal sebenarnya, sayur ini juga punya banyak manfaat untuk mencegah kanker serviks.

Kandungan flavonoid dalam selada dianggap bisa menjadi salah satu nutrisi yang menghambat kanker.

5. Roti gandum utuh
Roti gandum utuh lebih dari sekadar makanan untuk menjaga berat badan. Roti gandum utuh mengandung karbohidrat dan juga vitamin B6.

Itulah kelima buah dan sayur yang dapat mencegah kanker serviks. []

 

SUMBER: CNNINDONESIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline