Cegah Status Ilegal, Erdogan akan Naturalisasi Sebagian Pengungsi Irak dan Suriah

INSPIRADATA. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan, sebagian dari jutaan warga Irak dan Suriah yang mengungsi ke Turki akan diberi kewarganegaraan Turki pada Jumat (6/1/2017).

“Kementerian Dalam Negeri kami sedang bekerja, dan berdasarkan upaya ini, sebagian dari mereka akan diberi kewarganegaraan setelah semua pemeriksaan yang diperlukan,” kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan di televisi.

“Ada orang-orang yang sangat mumpuni di antara mereka, ada insinyur, pengacara dan dokter. Mari kita manfaatkan kemampuan itu,” tambahnya.

Menurut Erdogan, proses naturalisasi kewarganegaraan itu sebagai bentuk pencegahan warga Irak dan Suriah bekerja secara illegal.

“Alih-alih membiarkan mereka bekerja secara ilegal di sana sini, mari beri mereka peluang untuk bekerja sebagai warga negara, seperti anak-anak bangsa ini,” kata Erdogan.

Erdogan mengatakan Kementerian Dalam Negeri siap menerapkan langkah tersebut kapan pun.Namun, dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut, terutama mengenai berapa banyak pengungsi yang akan mendapatkan kewarganegaraan Turki, demikian Antara. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *