kuku hitam penyebab kanker
Foto: nuvail.rx.

Cek Kondisi Kesehatan Anda Lewat Kuku!

Banyak indikator dari tubuh kita yang bisa menunjukkan kondisinya masing masing. Salah satunya adalah kuku yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita, yang dapat ditinjau dari warnanya.

Berikut ulasannya dari Klikdokter:

1. Kuku pucat

Kuku yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Jika kuku berwarna pucat, maka Anda berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan seperti anemia, kurang gizi, penyakit liver, atau penyakit jantung.

2. Kuku berwarna kekuningan

Kuku yang berwarna kekuningan dapat mengindikasikan adanya penyakit kuning—atau penyakit liver, yaitu hepatitis. Ada tiga macam hepatitis yang paling sering terjadi, yaitu hepatitis A, B, dan C. Selain hepatitis, kuku berwarna kekuningan juga dapat menandakan adanya infeksi jamur kuku—terutama bila kuku juga menebal dan rapuh.

3. Kuku berwarna kebiruan

Kuku Anda berwarna kebiruan? Jika ya, Anda harus waspada. Sebab, kuku dengan warna ini menandakan Anda mengalami kekurangan oksigen, yang biasanya terjadi akibat penyakit jantung atau paru.

4. Lubang-lubang kecil pada kuku

Jika terdapat lubang-lubang kecil pada kuku, yang tampak seperti tusukan jarum pentul, maka ada kemungkinan tubuh mengalami psoriasis. Psoriasis adalah kelainan kulit, dengan gejala bercak merah yang ditutupi oleh penebalan kulit yang berlapis-lapis.

5. Garis hitam pada kuku

Garis hitam pada kuku disebut juga dengan melanonikia. Ini merupakan hal normal, terlebih pada orang yang berkulit hitam. Namun demikian, bisa juga garis atau titik hitam pada kuku tersebut merupakan bentuk dari kanker kulit, yaitu melanoma malignum.

6. Kuku retak

Kuku yang retak dapat menjadi tanda penyakit tiroid atau infeksi jamur pada kuku, terutama jika kuku tersebut menebal dan berwarna kekuningan.

7. Bercak putih pada kuku

Meski sering tidak spesifik, bercak putih pada kuku dapat menandakan kekurangan kalsium.

8. Kuku sendok

Anemia berat dapat menyebabkan kuku menjadi cekung dan melengkung seperti sendok, sehingga dikatakan kuku sendok atau spoon nails.

Ukuran kuku memang kecil, namun bukan berarti keberadaannya dapat diabaikan. Lewat kuku, Anda justru dapat mencari tahu keadaan kesehatan tubuh. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *